IDENTIFIKASI FAKTOR KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN EMPTY CONTAINER DALAM KEGIATAN IMPOR BARANG FULL CONTAINER LOAD (FCL) : STUDI KASUS DI PT XYZ

NABILA FARRAHA ISHA, . (2025) IDENTIFIKASI FAKTOR KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN EMPTY CONTAINER DALAM KEGIATAN IMPOR BARANG FULL CONTAINER LOAD (FCL) : STUDI KASUS DI PT XYZ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor dominan yang menyebabkan keterlambatan dalam pengembalian kontainer kosong pada kegiatan impor barang Full Container Load (FCL) di PT XYZ. Penelitian dilakukan di lokasi operasional PT XYZ di Jakarta Utara, selama periode Februari hingga Juni 2025. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap lima informan kunci dari divisi operasional dan distribusi, serta didukung oleh dokumentasi internal dan form persepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlambatan pengembalian kontainer kosong disebabkan oleh tiga faktor utama, yaitu keterbatasan armada trailer internal, keterlambatan validasi dan kelengkapan dokumen (seperti DO dan EIR), serta tidak adanya sistem informasi yang terintegrasi secara digital untuk memantau status armada, dokumen, dan koordinasi operasional secara real-time. Dari ketiga faktor tersebut, temuan menunjukkan bahwa faktor dominan yang paling mempengaruhi keterlambatan adalah ketiadaan sistem terintegrasi, yang berdampak langsung pada lambatnya pengambilan keputusan dan koordinasi antar divisi. Rekomendasi dari penelitian ini menekankan pentingnya implementasi sistem logistik berbasis digital yang terpusat dan dapat diakses oleh semua tim terkait. Sistem ini diharapkan mampu mendukung pengelolaan kontainer secara efisien, menekan biaya akibat detention fee, serta meningkatkan transparansi dan efektivitas proses operasional. Penelitian ini juga memberikan kontribusi teoritis terhadap kajian logistik, khususnya dalam pengelolaan pengembalian kontainer pada sektor freight forwarding. ***** This research aims to analyze the dominant factors contributing to delays in the return of empty containers in Full Container Load (FCL) import operations at PT XYZ Logistics. The study was conducted at the operational site of PT XYZ Logistics in North Jakarta from February to Juny 2025. Using a qualitative approach and case study method, data were collected through in-depth interviews with five key informants from the operations and distribution divisions, supported by internal documentation and perception forms. The findings reveal that delays in empty container returns are primarily caused by three main factors: limited internal trailer fleet, delays in document validation and completeness (such as DO and EIR), and the absence of an integrated digital system to monitor fleet status, documents, and real-time coordination. Among these, the most dominant factor influencing the delays is the lack of an integrated system, which significantly hampers timely decision-making and cross-department coordination. This study recommends the implementation of a centralized digital logistics system accessible by all relevant teams. Such a system is expected to improve container management efficiency, reduce detention fee costs, and enhance operational transparency and effectiveness. The findings also contribute to theoretical development in the field of logistics, particularly in the management of empty container returns within the freight forwarding sector

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Kencana Verawati, S.S.T., M.M.Tr. ; 2). Vivian Karim Ladesi, M.T.
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Divisions: FT > D IV Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim
Depositing User: Nabila Farraha Isha .
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:46
Last Modified: 07 Aug 2025 06:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58597

Actions (login required)

View Item View Item