Amelia Shevi Manurung, . (2025) PERSEPSI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA AKUNTANSI DI SMKN 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Amelia Shevi Manurung Cover-Daftar Isi.pdf Download (847kB) |
![]() |
Text
AMELIA SHEVI MANURUNG_BAB1.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
AMELIA SHEVI MANURUNG BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) | Request a copy |
![]() |
Text
AMELIA SHEVI MANURUNG BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
![]() |
Text
AMELIA SHEVI MANURUNG BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) | Request a copy |
![]() |
Text
AMELIA SHEVI MANURUNG BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
![]() |
Text
AMELIA SHEVI MANURUNG DAFPUS.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
Amelia Shevi Manurung Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh persepsi penggunaan media pembelajaran YouTube dan disiplin belajar terhadap motivasi belajar siswa. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang berpotensi menyebabkan capaian belajar menjadi kurang maksimal. Di tengah perkembangan teknologi digital, pemanfaatan media pembelajaran yang menarik seperti YouTube, disertai dengan kedisiplinan dalam belajar, dianggap sebagai faktor penting yang dapat memengaruhi tingkat motivasi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: apakah penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar, apakah disiplin belajar memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar, serta apakah keduanya secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa Kelas XII Akuntansi di SMKN 14 Jakarta.. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 86 siswa kelas XII Akuntansi di SMKN 14 Jakarta yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji prasyaratan analisis, uji regresi, uji signifikansi simultan (uji F), uji signifikansi parsial (uji t), serta uji koefisien determinasi. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan program IBM SPSS versi 31. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh persamaan regresi linear berganda: Ŷ = 26.329 + 0,59 X₁ + 0,61 X₂ + e. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa persepsi penggunaan media pembelajaran YouTube berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, dengan nilai signifikansi 0,045 < 0,05 dan t hitung 4.436 > t tabel 1,989. Disiplin belajar juga berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, dengan nilai signifikansi < 0,001 dan t hitung 7.733 > t tabel 1,989. Secara simultan, kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai F hitung 41.443 > F tabel 3,11 dan signifikansi < 0,001. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,807 menunjukkan bahwa 48,8% variasi motivasi belajar dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen, sedangkan sisanya 51,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Media Pembelajaran YouTube, Disiplin Belajar, Motivasi Belajar ***** This thesis discusses the influence of students' perceptions of using YouTube as a learning medium and learning discipline on learning motivation. The background of this research stems from the low level of student motivation, which potentially hinders optimal learning outcomes. In the midst of digital technology development, the use of engaging learning media such as YouTube, combined with learning discipline, is considered an important factor that can affect students' motivation levels. The research questions include: whether the use of YouTube as a learning medium influences learning motivation, whether learning discipline has an influence on learning motivation, and whether both variables jointly influence the learning motivation of Grade XII Accounting students at SMKN 14 Jakarta. Data were collected through questionnaires distributed to 86 students selected using Simple Random Sampling. This study employed a quantitative approach using multiple linear regression analysis. The data analysis techniques included validity and reliability tests, assumption tests, regression analysis, simultaneous significance test (F test), partial significance test (t test), and coefficient of determination test. Data were processed using IBM SPSS version 31. The results showed the multiple linear regression equation: Ŷ = 26.329 + 0,59 X₁ + 0,61X₂ + e. The partial test results indicated that perceptions of using YouTube as a learning medium significantly influenced learning motivation, with a significance value of 0.045 < 0.05 and a t-value of 4.436 > t-table value of 1.989. Learning discipline also significantly affected learning motivation, with a significance value of < 0.001 and a t-value of 7.733 > t-table value of 1.989. Simultaneously, both variables significantly influenced students’ learning motivation, with an F-value of 41.443 > F-table value of 3.11 and a significance value of < 0.001. The coefficient of determination (R²) of 0.488 indicates that 48.8% of the variation in learning motivation can be explained by the two independent variables, while the remaining 51.2% is explained by other factors not examined in this study. Keywords: YouTube Learning Media, Learning Discipline, Learning Motivation
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | Ati Sumiati, S.Pd., M.M Dra. Sri Zulaihati, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Amelia Shevi Manurung . |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:27 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 02:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58964 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |