MUHAMAD RUDINI, . (2025) HUBUNGAN ENDORSEMENT INFLUENCER INSTAGRAM DENGAN KEPUTUSAN PEMILIH GENERASI Z DALAM PEMILIHAN GUBERNUR JAKARTA 2024. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena meningkatnya penggunaan influencer media sosial sebagai alat kampanye politik mencerminkan pergeseran strategi komunikasi politik di era digital, terutama dalam membentuk preferensi politik Generasi Z yang dikenal kritis, digital-native, dan cenderung terpengaruh oleh figur yang mereka ikuti di platform seperti Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara endorsement influencer Instagram dengan keputusan pemilih Generasi Z dalam Pemilihan Gubernur Jakarta 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 21 Jakarta dengan populasi penelitian terdiri dari siswa kelas XI dengan jumlah sampel sebanyak 74 responden yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling menggunakan rumus Slovin. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala Likert. Berdasarkan uji prasyarat analisis yang digunakan berupa uji normalitas diperoleh nilai signifikansi 0,200 > 0,05 dan uji linearitas kedua variabel diperoleh nilai signifikansi 0,152 > 0,05. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel X dan Y bersifat normal dan linear. Berdasarkan uji hipotesis yakni uji korelasi product moment pearson dengan memperoleh nilai r hitung sebesar 0,659 yang menunjukkan bahwa variabel X dan variabel Y mempunyai hubungan yang kuat. Uji regresi linear sederhana menghasilkan persamaan regresi Y = -28,119 + 1,320X, yang berarti setiap peningkatan satu satuan variabel endorsement influencer Instagram (X) akan diikuti oleh peningkatan sebesar 1,320 pada variabel keputusan pemilih Generasi Z (Y). Sementara itu, koefisien determinasi (R2) sebesar 0,435 yang menunjukkan bahwa kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 43,5%, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dengan tingkat kuat antara endorsement influencer Instagram dengan keputusan pemilih Generasi Z dalam Pemilihan Gubernur Jakarta 2024. ***** The rising phenomenon of using social media influencers as tools for political campaigns reflects a shift in political communication strategies in the digital era, particularly in shaping the political preferences of Generation Z, who are known to be critical, digital natives, and easily influenced by figures they follow on platforms such as Instagram. This study aims to examine the relationship between Instagram influencer endorsements and Generation Z voters’ decision-making in the 2024 Jakarta gubernatorial election. A quantitative approach was employed using a survey method. The research was conducted at SMA Negeri 21 Jakarta, with the population consisting of 11th-grade students. A total sample of 74 respondents was selected using the Simple Random Sampling technique with the Slovin formula. The research instrument was a Likert-scale questionnaire. Based on the prerequisite analysis tests, the normality test showed a significance value of 0,200 > 0,05, and the linearity test between the two variables showed a significance value of 0,152 > 0,05, indicating that both variables are normally distributed and linearly related. The hypothesis test using Pearson's product-moment correlation yielded an r-value of 0,659, indicating a strong relationship between variables X and Y. The simple linear regression test resulted in the equation Y = -28,119 + 1,320X, meaning that each unit increase in Instagram influencer endorsement (X) is followed by a 1,320 increase in Generation Z voter decision-making (Y). Meanwhile, the coefficient of determination (R²) was 0,435, indicating that variable X contributes 43.5% to variable Y, with the remaining influenced by other factors. Based on the findings, it can be concluded that there is a strong positive relationship between Instagram influencer endorsements and Generation Z’s voting decisions in the 2024 Jakarta gubernatorial election.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si. ; 2). Dr. Raharjo, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Ilmu Politik > Ilmu Politik (umum) Ilmu Politik > Teori Politik Ilmu Politik > Institusi politik (Indonesia) Ilmu Politik > Pancasila Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Muhamad Rudini . |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:49 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 02:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58997 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |