SHAFFA AZZAHRA, . (2025) PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN MEDIASI MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SMA NEGERI 50 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (822kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Shaffa Azzahra, 1709618073. Pengaruh Self-Regulated Learning dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prokrastinasi Akademik Dengan Mediasi Motivasi Berprestasi Pada Siswa SMA Negeri 50 Jakarta. Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2025. Fenomena prokrastinasi tidak terikat dengan ruang dan waktu atau pada peran tertentu. Prokrastinasi dapat terjadi pada setiap aspek kehidupan terutama pendidikan. Penundaan yang dilakukan oleh siswa untuk menunda fokus utama belajar pada kegiatan sekolah disebut prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Self-Regulated Learning dan Dukungan Orang Tua terhadap Prokrastinasi Akademik dengan mediasi Motivasi Berprestasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan SmartPLS versi 4. Populasi dalam penelitian sebanyak 252 siswa dengan sampel penelitian 155 siswa sebagai responden yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji Outer Model, Inner Model dan Pengujian Hipotesis. Hasil analisis jalur hipotesis penelitian menghasilkan hasil < 0.05 dan R-square untuk variabel Y sebesar 49,6%, sedangkan untuk variabel Z sebesar 70,5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self-Regulated Learning ataupun Dukungan Orang Tua berpengaruh langsung negatif dan signifikan terhadap Prokrastinasi Akademik, Self-Regulated Learning ataupun Dukungan Orang Tua juga berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Motivasi Berprestasi, serta Self-Regulated Learning ataupun Dukungan Orang Tua berpengaruh tidak langsung negatif dan signifikan terhadap Prokrastinasi Akademik melalui Motivasi Berprestasi. Temuan tersebut menegaskan pentingnya pembelajaran pengelolaan diri dengan strategi yang dikelola secara efektif dan mandiri. Dengan pendekatan yang tepat, keterlibatan orang tua, kepercayaan diri, dan motivasi siswa dalam berprestasi dapat ditingkatkan untuk menekan penundaan dalam belajar serta mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif.Kata Kunci: prokrastinasi akademik, self-regulated learning, dukungan orang tua, motivasi berprestasi, mediasi.***** Shaffa Azzahra, 1709618073. The Effect of Self-Regulated Learning And Parental Support on Academic Procrastination with the Mediation of Achievement Motivation On Students Of State Senior High School 50 Jakarta. Undergraduate Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, State University of Jakarta, July 2025. The phenomenon of procrastination isn't tied to a specific place or time or role. Procrastination can occur in every aspect of life, especially education. Students delaying school activities to distract themselves from their primary focus on learning is called academic procrastination. This study aims to analyze the effect of Self-Regulated Learning and Parental Support on Academic Procrastination through Achievement Motivation as the mediator. The research method used is quantitative with a Structural Equation Modeling (SEM) approach using SmartPLS version 4. The study population consisted of 252 students, with a sample of 155 students as respondents selected using simple random sampling. The data analysis techniques used were Outer Model, Inner Model, and Hypothesis Testing. The results of the research hypothesis path analysis produced results < 0,05 and R-square for variable Y of 49,6%, while for variable Z of 70,5%. The results of the study show that Self-Regulated Learning or Parental Support has a direct negative and significant effect on Academic Procrastination, Self-Regulated Learning or Parental Support also has a direct positive and significant effect on Achievement Motivation, and Self-Regulated Learning or Parental Support has an indirect negative and significant effect on Academic Procrastination through Achievement Motivation. These findings confirm the importance of self-regulated learning with effective and independent strategies. With the right approach, parental involvement, student self-confidence, and motivation to achieve can be enhanced, reducing delays in learning and supporting a more effective learning process. Keywords: academic procrastination, self-regulated learning, parental support, achievement motivation, mediation
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE., MM. ; 2). Prof. Dr. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Shaffa Azzahra . |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 03:05 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 03:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59054 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |