NURSOFAH, . (2025) EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA MANDIRI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PROVINSI DKI JAKARTA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (563kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengevaluasi implementasi Program sekolah Adiwiyata Mandiri yang telah melakukan keberlanjutan di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Provinsi DKI Jakarta dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian kualitatif, sumber data berasal dari kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen yang dilakukan antara Maret 2024 hingga Februari 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci keberhasilan, tantangan pelaksanaan, serta strategi inovatif guna meningkatkan keberlanjutan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas program sangat bergantung pada integrasi sinergis antara kebijakan, kurikulum, kepemimpinan partisipatif, pembelajaran kontekstual, dan budaya sekolah yang berwawasan ekologi. Sekolah menunjukkan keselarasan antara visi-misi dengan nilai lingkungan, mengintegrasikan pendidikan keberlanjutan ke dalam Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta menerapkan pembelajaran berbasis perilaku ramah lingkungan. Temuan ini menegaskan pentingnya peran kepemimpinan ekologis, inisiatif siswa, serta praktik berbasis komunitas dalam menumbuhkan kebiasaan berkelanjutan. Meskipun didukung oleh pemangku kepentingan, namun belum adanya sistem pemantauan setelah mendapatkan penghargaan yang dilakukan secara terstruktur menjadi tantangan dalam menjamin kesinambungan jangka panjang. Sebagai luaran, penelitian ini merekomendasikan model manajemen peningkatan kualitas program Adiwiyata sebagai pendekatan manajerial transformatif untuk mendukung pengembangan program Adiwiyata secara sistemik. Model ini menawarkan kerangka yang dapat di replikasi guna memperkuat praktik sekolah hijau dan menjadi rujukan kebijakan serta pengembangan kapasitas pendidikan lingkungan yang berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Eliana Sari, M.M ; 2). Prof. Dr. Supadi, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Nursofah . |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:48 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |