PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI PENILAIAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN PEMINATAN SOSIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI 42 JAKARTA

ARUM KUSUMO RAHAYU, . (2025) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI PENILAIAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN PEMINATAN SOSIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI 42 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (883kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (742kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Alat pembelajaran yang digunakan oleh guru dapat berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar, terutama pada motivasi belajar yang ada pada diri siswa. Pendidik masih banyak yang menggunakan alat pembelajaran yang hanya dari buku dan cara mengajarnya juga masih sama seperti guru-guru lain yang hanya menjelaskan materi dari buku yang disediakan oleh sekolah atau bercerita. Kemudian dalam penilaian masih menggunakan alat pembelajaran berupa kertas atau melalui presentasi kelompok. Hal ini penting di bahas karena motivasi belajar siswa salah satunya dapat dipengaruhi oleh alat pembelajaran yang digunakan pada saat pembelajaran. Penggunaan alat pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan perkembangan teknologi dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa dalam penggunaan aplikasi penilaian online pada mata pelajaran Peminatan Sosiologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian berupa Pre-test and Post-test Control Group yang akan dilakukan pada kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi online berupa Kahoot dan kelas kontrol yang menggunakan aplikasi online berupa Canva. Penelitian dilaksanakan dari bulan Maret-Juni 2025. Lokasi penelitian pada penelitian ini yaitu di SMA Negeri 42 Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Negeri 42 Jakarta sebanyak 288. Kemudian populasi terjangkaunya yaitu 5 kelas XI Peminatan Sosiologi yang berjumlah 169 siswa. Sampelnya adalah dua kelas yaitu kelas XI Peminatan Sosiologi A yang berjumlah 33 dan kelas XI Peminatan Sosiologi B yang berjumlah 33 yang sesuai dengan karakteristik penelitian agar benar-benar mewakili atau representatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi penilaian online seperti Kahoot dan Canva dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata dari pre-test ke post-test kelas eksperimen (69.36 ke 80.42) dan kelas kontrol (67.67 ke 79.85). Namun, berdasarkan hasil uji T dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0.249 > 0.05, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat motivasi belajar sosiologi siswa di SMA Negeri 42 Jakarta secara statistik. Dengan demikian, meskipun terjadi peningkatan motivasi belajar pada kedua kelas, penggunaan aplikasi penilaian online yaitu Kahoot dan Canva belum menunjukkan perbedaan motivasi belajar yang signifikan secara statistik. Kata kunci: Alat pembelajaran, aplikasi penilaian online, motivasi belajar. ************ The learning tools used by teachers can impact teaching and learning activities, particularly student motivation. Many educators still rely solely on textbooks, and their teaching methods remain the same as other teachers, often explaining material from school-provided textbooks or telling stories. Furthermore, assessments still rely on paper-based learning tools or group presentations. This is important to discuss because student motivation can be influenced by the learning tools used during instruction. The use of engaging learning tools that are in line with technological developments can create a more enjoyable learning environment. Therefore, this study aims to determine differences in student motivation when using online assessment applications in Sociology subjects. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental method. This study uses a research design in the form of a Pre-test and Post-test Control Group which will be carried out in the experimental class using an online application in the form of Kahoot! and a control class using an online application in the form of Canva. The research was conducted from March to June 2025. The location of the research in this study was at SMA Negeri 42 Jakarta. The population in this study were all students at SMA Negeri 42 Jakarta totaling 288. Then the accessible population was 5 classes XI Sociology Interest totaling 169 students. The sample was two classes, namely class XI Sociology Interest A totaling 33 and class XI Sociology Interest B totaling 33 which were in accordance with the characteristics of the study in order to truly represent or be representative. The results of the study indicate that the use of online assessment applications such as Kahoot and Canva can increase student learning motivation, indicated by an increase in the average score from pre-test to post-test of the experimental class (69.36 to 80.42) and the control class (67.67 to 79.85). However, based on the results of the T-test with a Sig. (2-tailed) value of 0.249 > 0.05, it can be concluded that there is no statistically significant difference in the level of motivation to learn sociology of students at SMA Negeri 42 Jakarta. Thus, although there is an increase in learning motivation in both classes, the use of online assessment applications, namely Kahoot and Canva, has not shown a statistically significant difference in learning motivation. Keywords: Learning tools, online assessment applications, learning motivation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Devi Septiandini, M.Pd. ; 2). Syaifudin, M.Kesos.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Arum Kusumo Rahayu .
Date Deposited: 09 Aug 2025 07:13
Last Modified: 09 Aug 2025 07:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59255

Actions (login required)

View Item View Item