MELDA VERONICA NAINGGOLAN, . (2025) PERBEDAAN SIKAP BELAJAR SISWA ANTARA MENGGUNAKAN MEDIA MENTIMETER DENGAN POWER POINT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Studi Kuantitatif pada Siswa kelas X di SMK Negeri 7 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (878kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan dalam sikap belajar siswa setelah memakai dua media pembelajaran yang berbeda, yakni Mentimeter dan Power Point. Fokus utama penelitian adalah untuk mengukur perbedaan sikap belajar siswa dari penggunaan media Mentimeter dan Power Point saat proses pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu, yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media Mentimeter dan kelas kontrol yang menggunakan Power Point. Instrumen yang digunakan berupa angket sikap belajar (berupa pretest dan posttest) dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sikap belajar siswa antara kedua kelas. Nilai rata-rata posttest sikap belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan Mentimeter lebih tinggi, yaitu 135,03, dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan Power Point dengan rata-rata 116,73. Hasil uji t-test juga menunjukkan nilai t-hitung sebesar 4,332 yang lebih besar dari t-tabel 2,000, artinya terdapat perbedaan sikap belajar dari pengunaan kedua media pembelajaran. Namun, hasil analisis regresi koefisien determinasi menunjukkan bahwa media pembelajaran memberikan kontribusi sebesar 22,7% terhadap pembentukan sikap belajar siswa, yang menunjukkan hubungan antara variabel tersebut berada pada tingkat yang rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran Mentimeter lebih efektif dalam meningkatkan sikap belajar siswa dibandingkan Power Point berdasarkan dari hasil nilai rata-rata posttest. Nilai rata-rata posttest pada kelas yang menggunakan Mentimeter mencapai rata-rata 135,03, sedangkan kelas yang menggunakan Power Point hanya mencapai 116,73. Namun, terkait kontribusi keseluruhan dari kedua media pembelajaran terhadap sikap belajar siswa masih relatif kecil yaitu 22,7%. Kata Kunci: Mentimeter, Pendidikan Pancasila, Media Pembelajaran, Partisipasi Belajar. ***** This study aims to determine whether there are differences in students' learning attitudes after using two different learning media, namely Mentimeter and Power Point. The main focus of the research was to measure the differences in students' learning attitudes from using Mentimeter and Power Point media during the Pancasila Education learning process. This study used a quantitative approach with a pseudo-experimental design, which involved two classes, namely the experimental class using Mentimeter media and the control class using Power Point. The instruments used were learning attitude questionnaire (in the form of pretest and posttest) and observation sheet. The results showed that there were differences in student learning attitudes between the two classes. The average posttest value of student learning attitudes in the experimental class using Mentimeter was higher, namely 135.03, compared to the control class using Power Point with an average of 116.73. The t-test results also show a t-count value of 4.332 which is greater than the t-table of 2.000, meaning that there are differences in learning attitudes from the use of the two learning media. However, the results of the regression analysis of the coefficient of determination showed that the learning media contributed 22.7% to the formation of students' learning attitudes, which shows that the relationship between these variables is at a low level. The conclusion of this study is that the use of Mentimeter learning media is more effective in improving students' learning attitudes than Power Point based on the results of the average posttest score. The average posttest score in the class that used Mentimeter reached an average of 135.03, while the class that used Power Point only reached 116.73. However, the overall contribution of both learning media to students' learning attitudes is still relatively small at 22.7%. Keywords: Mentimeter, Pancasila Education, Learning Media, Learning Participation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd. ; 2). Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | MELDA VERONICA NAINGGOLAN . |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:56 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |