PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA AKTIVIS ORGANISASI DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

DIAH KUMALA SARI, . (2025) PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA AKTIVIS ORGANISASI DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (808kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (316kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fokus utama dari penelitian ini adalah bertujuan mengetahui pengaruh disiplin belajar dan manajemen waktu terhadap prestasi akademik. Penelitian ini melibatkan populasi mahasiswa aktivis organisasi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Jakarta sejumlah 743 dengan rumus Taro Yamane tingkat toleransi kesalahan 5% diperoleh sampel sebanyak 260 responden. SPSS (Statistics Product and Service Solutions) versi 27 digunakan untuk mengolah data. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode kuesioner dalam google form menggunakan skala likert 1-5. Nilai instrumen pada prestasi akademik menunjukan angka tertinggi pada dimensi setting goals and priorities dengan indikator urgensi tujuan dengan skor 1140 di butir pertanyaan nomor pertama. Serta pada disiplin belajar pada dimensi self direction dengan indikator eksplor materi mendapat nilai tertinggi sebesar 1148 di butir pertanyaan nomor 10. Dan pada prestasi akademik mendapat nilai tertinggi dengan dimensi psikomotorik pada indikator gerakan kompleks dengan nilai 1140 di butir pertanyaan nomor 24. emuan ini mengindikasikan bahwa mahasiswa cenderung memiliki orientasi tujuan yang jelas, kemandirian dalam menggali materi, serta kemampuan praktik yang baik dalam proses akademiknya. Hasil penelitian ditunjukkan oleh uji F dan T, yang digunakan untuk menguji hipotesis dan mendapatkan hasil sebesar sebesar 11, 593 > 1,9693 untuk t hitung manajemen waktu serta nilai t hitung 7,308 > 1,9693 untuk disiplin belajar. Hasil dari tabel ANOVA untuk uji f hitung sebesar 35,199 > 3,030. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi pengaruh disiplin belajar dan manajemen waktu berkontribusi sebesar 73% terhadap prestasi akademik, sebagian dari 27% variabilitas dalam performa akademik dipengaruhi oleh determinan lain yang belum tercakup dalam penelitian ini. Dengan demikian, kajian mendatang dianjurkan untuk menelusuri dimensi lain yang mungkin relevan dalam menjelaskan pencapaian akademik.***** The primary focus of this study is to examine the influence of learning discipline and time management on academic achievement. This study involved a student population of organizational activists at the Faculty of Economics and Business, State University of Jakarta amounting to 743 with the Taro Yamane formula with an error tolerance level of 5% obtained from a sample of 260 respondents. SPSS (Statistics Product and Service Solutions) version 27 is used to process data. This research is quantitative with a questionnaire method in google form using a likert scale of 1-5. The instrument's score on academic achievement showed the highest score in the dimension of setting goals and priorities with an indicator of goal urgency with a score of 1140 in question item number one. As well as in the learning discipline in the dimension of self direction with the material exploration indicator, it received the highest score of 1148 in question item number 10. And in academic achievement, the highest score with the psychomotor dimension on the complex movement indicator with a score of 1140 in question item number 24. This information indicates that students tend to have a clear goal orientation, independence in exploring the material, and good practice skills in their academic process. The results of the study were shown by the F and T tests, which were used to test the hypothesis and obtained results of 11, 593 > 1.9693 for t calculation of time management and t value of 7.308 > 1.9693 for learning discipline. The results of the ANOVA table for the f test are 35.199 > 3.030. The results showed that the coefficient of determination of the influence of learning discipline and time management contributed 73% to academic achievement A portion of the 27% variability in academic performance appears to be shaped by other determinants not addressed within the scope of this study. Consequently, future research is encouraged to explore additional dimensions that may hold relevance in explaining students' academic achievement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rr Sri Kartikowati, MA., M.Bus ; 2). Ervina Maulida, S.Pd., MBA
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Diah Kumala Sari .
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:01
Last Modified: 11 Aug 2025 03:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59604

Actions (login required)

View Item View Item