MANAJEMEN PENCEGAHAN PERUNDUNGAN (BULLYING) DI SMP NEGERI 3 JAKARTA

HENRIKUS WAWAN KURNIAWAN, . (2025) MANAJEMEN PENCEGAHAN PERUNDUNGAN (BULLYING) DI SMP NEGERI 3 JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER, ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS, LEMBAR PENGESAHAN, LEMBAR ORISINALITAS DENGAN TANDA TANGAN DIATAS MATERAI, SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04. BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
05. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06. BAB 5 KESIMPULAN DAN REKOMENDASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pencegahan perundungan di SMP Negeri 3 Jakarta, dengan fokus pada aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada masih adanya kasus perundungan di lingkungan sekolah yang berdampak negatif terhadap kesejahteraan psikologis dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi dengan melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru BK, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program pencegahan perundungan dilakukan melalui rapat koordinasi, penyusunan program bimbingan konseling, dan penjadwalan layanan konseling. Pengorganisasian dilaksanakan dengan membentuk tim khusus yang terdiri dari guru, wali kelas, dan tenaga kependidikan untuk memantau perilaku peserta didik. Pelaksanaan mencakup layanan konseling individu dan kelompok, kampanye antiperundungan, serta kegiatan penguatan karakter melalui program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Evaluasi dilakukan secara berkala melalui rapat evaluasi, refleksi kegiatan, dan pemantauan perilaku siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa manajemen pencegahan perundungan di SMP Negeri 3 Jakarta telah dilaksanakan secara sistematis, meskipun masih terdapat tantangan dalam menggerakkan partisipasi seluruh warga sekolah secara aktif. Diperlukan peningkatan dalam pemanfaatan teknologi dan pelatihan guru untuk mengoptimalkan pelaksanaan program. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan dalam pengembangan kebijakan sekolah ramah anak. ***** This study aims to describe and analyze the management of bullying prevention at SMP Negeri 3 Jakarta, focusing on the aspects of planning, organizing, implementation, and evaluation. The background of this research is based on the persistence of bullying cases in the school environment, which negatively impact students' psychological well-being and academic performance. This research employs a qualitative approach with a case study method. Data were collected through in-depth interviews, observations, and document analysis involving the principal, vice principal of student affairs, counseling teachers, and students. The results show that the planning of bullying prevention programs is carried out through coordination meetings, the development of counseling programs, and the scheduling of counseling services. Organizing is conducted by forming a special team consisting of teachers, homeroom teachers, and school staff to monitor student behavior. The implementation includes individual and group counseling services, anti-bullying campaigns, and character-building activities through the P5 (Project to Strengthen the Profile of Pancasila Students). Evaluation is conducted regularly through evaluation meetings, activity reflections, and student behavior monitoring. The study concludes that bullying prevention management at SMP Negeri 3 Jakarta is implemented systematically, although challenges remain in engaging all stakeholders actively. Improvement is needed in the use of technology and teacher training to optimize the program. The findings of this study are expected to serve as a reference for developing child-friendly school policies.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Sugiarto, M.A.; 2). Winda Dewi Listyasari, M.Pd., Ph.D.
Subjects: Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Divisions: FIP > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: HENRIKUS WAWAN KURNIAWAN .
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:58
Last Modified: 11 Aug 2025 07:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59703

Actions (login required)

View Item View Item