PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR OTOMOTIF KELAS X SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF SE-JAKARTA BARAT

PUTUT SA'ID ZANJABILA, . (2025) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR OTOMOTIF KELAS X SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF SE-JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pencapaian hasil belajar yang baik dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun eksternal siswa. Faktor internal mencakup aspek-aspek yang berasal dari dalam diri siswa, seperti motivasi dan disiplin belajar, sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan belajar yang mendukung proses pembelajaran. Ketiga faktor ini memiliki peran penting dalam membantu siswa mencapai hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Otomotif kelas X Program Keahlian Teknik Otomotif se-Jakarta Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Teknik Otomotif se-Jakarta Barat, dengan jumlah sampel sebanyak 226 siswa yang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, ditunjukkan oleh nilai p-value sebesar 0,234 > 0,05, dengan kontribusi pengaruh secara langsung sebesar 9,4%; 2) disiplin belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai p-value sebesar 0,631 > 0,05, dan kontribusi sebesar 4,0%; 3) lingkungan belajar juga tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dengan p-value sebesar 0,568 > 0,05, dan memberikan kontribusi sebesar 6,2%. Selanjutnya, 4) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar karena nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05, dengan kontribusi pengaruh sebesar 26,1%; 5) motivasi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap lingkungan belajar dengan p-value sebesar 0,000 < 0,05, dan kontribusi sebesar 27,6%; 6) disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap lingkungan belajar dengan p-value sebesar 0,001 < 0,05, dan kontribusi sebesar 21,8%. Secara tidak langsung, 7) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar melalui disiplin belajar, yang ditunjukkan oleh nilai p-value sebesar 0,010 < 0,05, dengan kontribusi sebesar 5,7%; 8) motivasi belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar melalui lingkungan belajar karena p-value sebesar 0,568 > 0,05, dengan kontribusi sebesar 1,7%; 9) disiplin belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar melalui lingkungan belajar, dengan p-value sebesar 0,572 > 0,05, dan kontribusi sebesar 1,4%; serta 10) motivasi belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar melalui jalur berurutan disiplin belajar dan lingkungan belajar, ditunjukkan oleh p-value sebesar 0,526 > 0,05, dengan kontribusi pengaruh sebesar 0,4%. Kata kunci: Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar ***** The achievement of good learning outcomes is influenced by various factors, both internal and external to students. Internal factors include aspects that come from within the students themselves, such as motivation and learning discipline, while external factors include the learning environment that supports the learning process. These three factors play an important role in helping students achieve optimal learning outcomes. Therefore, this study aims to determine the influence of Learning Motivation, Learning Discipline, and Learning Environment on Student Learning Outcomes in the Basic Automotive subject for Grade X students of the Automotive Engineering Expertise Program throughout West Jakarta. This type of research is quantitative associative research using a survey method. The population in this study consists of all Grade X students of SMK Automotive Engineering throughout West Jakarta, with a total sample of 226 students selected using proportional random sampling. Data analysis was carried out descriptively and inferentially using path analysis with the help of the SmartPLS application. The results of the study show that: 1) learning motivation does not have a significant effect on learning outcomes, as indicated by a p-value of 0.234 > 0.05, with a direct effect contribution of 9.4%; 2) learning discipline does not have a significant effect on learning outcomes, with a p-value of 0.631 > 0.05 and a contribution of 4.0%; 3) the learning environment also does not have a significant effect on learning outcomes, with a p-value of 0.568 > 0.05 and a contribution of 6.2%. Furthermore, 4) learning motivation has a significant effect on learning discipline with a p-value of 0.000 < 0.05 and a contribution of 26.1%; 5) learning motivation also has a significant effect on the learning environment with a p-value of 0.000 < 0.05 and a contribution of 27.6%; 6) learning discipline has a significant effect on the learning environment with a p-value of 0.001 < 0.05 and a contribution of 21.8%. Indirectly, 7) learning motivation has a significant effect on learning outcomes through learning discipline, as indicated by a p-value of 0.010 < 0.05 and a contribution of 5.7%; 8) learning motivation does not have a significant effect on learning outcomes through the learning environment with a p-value of 0.568 > 0.05 and a contribution of 1.7%; 9) learning discipline does not have a significant effect on learning outcomes through the learning environment, with a p-value of 0.572 > 0.05 and a contribution of 1.4%; and 10) learning motivation does not have a significant effect on learning outcomes through the sequential path of learning discipline and learning environment, as indicated by a p-value of 0.526 > 0.05 and a contribution of 0.4%. Keywords: Learning Motivation, Learning Discipline, Learning Environment, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Riyadi, M.T. ; 2). Drs. Sirojuddin, M.T.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Putut Sa'id Zanjabila .
Date Deposited: 12 Aug 2025 03:13
Last Modified: 12 Aug 2025 03:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59738

Actions (login required)

View Item View Item