PERSPESI MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP URGENSI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS:FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

FERRY HARIANSYAH, . (2025) PERSPESI MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP URGENSI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS:FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER 1 new.pdf

Download (845kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN_merged.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis persepsi mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap urgensi Bahasa Arab di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Jakarta. Bahasa Arab memiliki posisi penting dalam studi Islam karena merupakan bahasa sumber utama ajaran Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa menyadari pentingnya Bahasa Arab untuk memahami ilmu-ilmu keislaman, dunia kerja, dan interaksi budaya. Namun, tantangan seperti latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, metode pengajaran yang monoton, dan rendahnya motivasi belajar menjadi hambatan dalam pembelajaran Bahasa Arab. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan inklusif untuk meningkatkan penguasaan Bahasa Arab di kalangan mahasiswa PAI.*****This study aims to describe and analyze the perceptions of Islamic Religious Education (PAI) students regarding the urgency of Arabic language learning at the Faculty of Social Sciences and Law, Universitas Negeri Jakarta. Arabic holds a vital position in Islamic studies as it is the primary language of Islamic teachings. This research employs a qualitative method with a case study approach. Data were collected through in-depth interviews, observation, documentation, and literature review. The findings reveal that most students acknowledge the importance of Arabic for understanding Islamic sciences, entering the workforce, and engaging in cultural interactions. However, challenges such as diverse educational backgrounds, monotonous teaching methods, and low motivation hinder effective Arabic learning. Therefore, there is a need to develop more innovative and inclusive teaching strategies to enhance Arabic proficiency among PAI students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dr. Andy Hadiyanto, MA. Sa’dullah, M.Ag.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ferry hariansyah .
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:30
Last Modified: 13 Aug 2025 02:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59817

Actions (login required)

View Item View Item