MAULIA ALBANIA WIRAKUSUMAH, . (2025) PENGARUH SUPERVISI DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN BABAKANMADANG KABUPATEN BOGOR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (511kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (868kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP & LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei dan analisis regresi jalur. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 63 guru ASN yang dipilih secara acak dari 13 sekolah dasar negeri. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik supervisi maupun kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini menegaskan pentingnya pelaksanaan supervisi secara berkelanjutan dan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas kepala sekolah dalam kedua peran tersebut perlu menjadi perhatian dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat sekolah dasar. ***** This study aims to examine the influence of supervision and principal leadership on teacher performance in public elementary schools in the Babakanmadang District, Bogor Regency. The research employed a quantitative approach using a survey method and path analysis. The sample consisted of 63 civil servant teachers selected randomly from 13 public elementary schools. Data were collected through validated and reliable questionnaires. The findings reveal that both supervision and principal leadership have a positive and significant effect on teacher performance, both individually and simultaneously. These results highlight the importance of consistent supervision practices and effective school leadership in improving the quality of education. Therefore, strengthening the competencies of school principals in both supervisory and leadership roles is essential in efforts to enhance educational outcomes at the elementary level.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. M. Japar, M.Si. ; 2). Dr. Sugiarto, MA. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Maulia Albania Wirakusumah . |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 07:36 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 07:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60195 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |