PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN, KESADARAN LINGKUNGAN, DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMSI BERKELANJUTAN PADA GENERASI Z

TASYA FADIA, . (2025) PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN, KESADARAN LINGKUNGAN, DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMSI BERKELANJUTAN PADA GENERASI Z. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Krisis lingkungan global menuntut pola konsumsi yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan, khususnya di kalangan generasi muda seperti Generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan lingkungan, kesadaran lingkungan, dan penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumsi berkelanjutan pada Generasi Z di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif kausal. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 130 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dengan skala Likert 1–5 dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi berkelanjutan. Temuan ini menegaskan bahwa faktor kognitif (pengetahuan), afektif (kesadaran), dan sosial-digital (penggunaan media sosial) memainkan peran penting dalam membentuk kecenderungan individu untuk menjalankan gaya hidup yang ramah lingkungan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam penguatan model perilaku yang mempertimbangkan aspek sikap, norma sosial, dan persepsi kontrol diri sebagai fondasi perilaku pro-lingkungan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi dasar bagi strategi edukasi dan komunikasi publik yang lebih efektif dalam mendorong konsumsi berkelanjutan di kalangan generasi muda. ***** The global environmental crisis demands more responsible and sustainable consumption patterns, especially among younger generations such as Generation Z. This study aims to analyze the influence of environmental knowledge, environmental awareness, and social media use on sustainable consumption behavior among Generation Z in DKI Jakarta. This study employs a quantitative approach with a causal-associative design. The sampling technique uses purposive sampling with a sample size of 130 respondents. Data were collected through an online questionnaire using a 1–5 Likert scale and analyzed using multiple linear regression with the assistance of SPSS. The results indicate that all independent variables have a positive and significant influence on sustainable consumption behavior. These findings confirm that cognitive (knowledge), affective (awareness), and social-digital (social media use) factors play a crucial role in shaping individuals' tendencies toward environmentally friendly lifestyles. This study makes an important contribution to strengthening behavioral models that consider aspects of attitude, social norms, and self-perceived control as the foundation of pro-environmental behavior. The results of this study are expected to serve as a basis for more effective educational and public communication strategies in promoting sustainable consumption among the younger generation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dicky Iranto, S.E., M.SE. ; 2). Siti Fatimah Zahra, S.E.I., M.E.
Subjects: Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan
Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 28949 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2025 23:40
Last Modified: 13 Aug 2025 23:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60373

Actions (login required)

View Item View Item