PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII IPS SMAN 19 KOTA BEKASI

DELIA PERMATA SARI HIDAYAT, . (2025) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII IPS SMAN 19 KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (337kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Artikel Jurnal_Delia Permata.pdf

Download (518kB)

Abstract

Tingkat pengangguran terbuka yang tinggi pada kalangan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) menjadi isu penting di Indonesia. Intensi berwirausaha memang dipandang sebagai salah satu solusi yang potensial untuk membantu mengatasi masalah pengangguran di kalangan lulusan SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menyimpulkan pengaruh langsung dan tidak langsung dari pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha dengan efikasi diri sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (SEM-PLS) melalui Smart-PLS untuk pengujian terhadap hipotesis penelitian. Populasi yang digunakan dalam riset ini adalah siswa kelas XII IPS di SMAN 19 Kota Bekasi dengan menggunakan total sampling yang melibatkan 107 responden. Temuan mengungkapkan beberapa hasil kunci, yaitu Pendidikan Kewirausahaan (X1) dan Lingkungan Keluarga (X2) ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Efikasi Diri (Z), adapun Efikasi Diri (Z) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Intensi Berwirausaha (Y), dan Pendidikan Kewirausahaan (X1) juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Intensi Berwirausaha (Y). Namun, Lingkungan Keluarga (X2) ditemukan memiliki pengaruh langsung yang positif tetapi tidak signifikan terhadap Intensi Berwirausaha (Y). Selanjutnya, secara signifikan Efikasi Diri (Z) memediasi penuh pengaruh Pendidikan Kewirausahaan (X1) dan Lingkungan Keluarga (X2) terhadap Intensi Berwirausaha (Y). Temuan menyimpulkan bahwa efikasi diri memainkan peranan yang penting dalam memengaruhi intensi berwirausaha baik secara langsung maupun sebagai jembatan yang menghubungkan faktor eksternal, yaitu pendidikan dan keluarga. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya penguatan pada program pendidikan kewirausahaan di sekolah dan dukungan proaktif dari lingkungan keluarga untuk membangun keyakinan diri siswa, yang pada gilirannya akan memengaruhi intensi berwirausaha. ***** The high unemployment rate among high school graduates (SMA) is a significant issue in Indonesia. Entrepreneurial intention is indeed viewed as a potential solution to help address the unemployment problem among these graduates. This study aims to analyze and conclude the direct and indirect influences of entrepreneurship education and family environment on entrepreneurial intention, mediated by self-efficacy. This research uses a quantitative approach with the Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method via SmartPLS. The population for this study was Class XII IPS students at SMAN 19 Kota Bekasi, utilizing a total sampling involving 107 respondents. The findings reveal several key results, Entrepreneurship Education (X1) and Family Environment (X2) were found to have a positive and significant influence on Self Efficacy (Z), Self-Efficacy (Z) has also a positive and significant influence on Entrepreneurial Intention (Y), and Entrepreneurship Education (X1) has a positive and significant influence on Entrepreneurial Intention (Y). However, Family Environment (X2) was found to have a positive but insignificant direct influence on Entrepreneurial Intention (Y). Significantly, Self-Efficacy (Z) fully mediates the influence of both Entrepreneurship Education (X1) and Family Environment (X2) on Entrepreneurial Intention (Y). This study concludes that Self-Efficacy plays a central role in fostering entrepreneurial intention among students at Class XII IPS SMAN 19 Kota Bekasi, both directly and as a mediator for educational and family factors. The practical implication of this study is the need to strengthen entrepreneurship education programs in school and proactive support from the family environment to build students self-confidence, which in turn will influence entreprenerial intention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ari Saptono, S.E., M.Pd. ; 2). Riswandi, M.Pd.E.
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: DELIA PERMATA SARI HIDAYAT .
Date Deposited: 16 Aug 2025 05:53
Last Modified: 16 Aug 2025 05:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60888

Actions (login required)

View Item View Item