PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 59 JAKARTA

WIDYA OKTAVIANI, . (2025) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 59 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGEERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi pengaruh dari fasilitas belajar dan lingkungan keluarga melalui kebiasaan belajar terhadap kesulitan belajar siswa kelas X dalam pelajaran ekonomi di SMAN 59 Jakarta. Variabel yang dibahas dalam studi ini mencakup fasilitas Belajar sebagai variabel independen yang pertama, lingkungan keluarga sebagai variabel independen yang kedua, kebiasaan belajar sebagai perantara, dan kebiasaan belajar sebagai variabel dependen. Populasi yang dianalisis meliputi seluruh murid kelas X di SMA Negeri 59 Jakarta, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 242 siswa. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel acak sederhana, di mana 151 siswa dipilih secara acak. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan. Proses analisis data dilakukan dengan menguji instrumen dan menggunakan SEM PLS. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa fasilitas pembelajaran dan kondisi keluarga secara signifikan berdampak negatif terhadap tantangan akademis siswa dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Sementara itu, nilai penting berada di bawah 0,05. Di sisi lain, sarana pembelajaran dan kondisi keluarga masing-masing juga menunjukkan dampak positif yang signifikan terhadap praktik belajar dengan nilai signifikansi di bawah 0,05. Ada dampak buruk yang jelas dari cara belajar terhadap tantangan dalam belajar, di mana cara belajar berfungsi sebagai mediator antara fasilitas pembelajaran dan kesulitan belajar. Selain itu, koefisien determinasi (R2) menunjukkan angka 0,896 (89,6%). Ini berarti bahwa kesulitan belajar siswa Dapat dijelaskan oleh variabel Fasilitas belajar (X1), Lingkungan Keluarga (X2),dan Kebiasaan Belajar (Z) secara keseluruhan Sebanyak 89,6% dipengaruhi oleh faktor yang diteliti, sementara 10,4% lainnya disebabkan oleh variabel lain yang tidak dianalisis. Di samping itu, sarana pembelajaran dan lingkungan keluarga memiliki dampak signifikan terhadap kegiatan belajar dengan koefisien determinasi mencapai 0,777 atau 77,7%. ***** This study aims to explore the influence of learning facilities and family environment through learning habits on the learning difficulties of tenth-grade students in economics at SMAN 59 Jakarta. The variables discussed in this study include learning facilities as the first independent variable, family environment as the second independent variable, learning habits as an intermediary, and learning habits as the dependent variable. The population analyzed included all tenth-grade students at SMAN 59 Jakarta, with a total of 242 students. The sample selection technique used was simple random sampling, where 151 students were randomly selected. Data were obtained through distributed questionnaires. The data analysis process was carried out by testing the instrument and using SEM PLS. The findings of this study indicate that learning facilities and family conditions significantly negatively impact students' academic challenges with a significance value of less than 0.05. Meanwhile, the important value is below 0.05. On the other hand, learning facilities and family conditions each also show a significant positive impact on learning practices with a significance value below 0.05. There is a clear negative impact of learning methods on learning challenges, where learning methods function as a mediator between learning facilities and learning difficulties. In addition, the coefficient of determination (R2) shows a figure of 0.896 (89.6%). This means that students' learning difficulties can be explained by the variables of learning facilities (X1), family environment (X2), and learning habits (Z) as a whole. As much as 89.6% is influenced by the factors studied, while the other 10.4% is caused by other variables that were not analyzed. In addition, learning facilities and family environment have a significant impact on learning activities with a coefficient of determination reaching 0.777 or 77.7%..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd. ; 2). Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., S.Pd., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Widya Oktaviani .
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:04
Last Modified: 14 Aug 2025 03:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60894

Actions (login required)

View Item View Item