AISYAH YASFINA, . (2025) IMPLEMENTASI PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCE SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN HAFALAN AL-QUR'AN (STUDI KASUS SMPIT NURUL IMAN PONDOK BAMBU). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (956kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang belum mampu mencapai target hafalan dan kurangnya semangat serta motivasi dalam proses menghafal Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan pendekatan Multiple Intelligence berfungsi sebagai alternatif menghafal Al-Qur’an di SMPIT Nurul Iman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tempat dilaksanakannya penelitian ini yaitu di SMPIT Nurul Iman. Responden pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru tahfidz, dan beberapa siswa siswi. Metode pengumpulan yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi pendekatan Multiple Intelligence di SMPIT Nurul Iman menunjukkan bahwa pendekatan ini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran hafalan Al-Qur’an, baik dari aspek motivasi, strategi belajar, maupun hasil capaian hafalan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa setelah melakukan implementasi pendekatan Multiple Intelligence, siswa memiliki kecerdasan yang beragam dan bukan hanya satu kecerdasan. Sehingga penting bagi guru untuk mengetahui beragam kecerdasan tersebut, agar siswa dapat mudah mencapai target hafalan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Hal yang membuat siswa sulit untuk mencapai target hafalan adalah metode yang kurang sesuai, motivasi menghafal yang tidak konsisten dan lingkungan belajar yang kurang mendukung. Kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan kinestetik dan kecerdasan linguistik adalah kecerdasan yang memiliki keterkaitan dengan kemampuan kognitif menghafal Al-Qur’an pada siswa. Dengan menerapkan dan melakukan pemetaan serta penyesuaian kecerdasan Multiple Intelligence terhadap siswa dalam proses menghafal Al-Qur’an ditemukan hasil menghafal yang cukup signifikan oleh siswa. Implementasi pendekatan Multiple Intelligence dilakukan dengan perencanaan yaitu pembuatan modul ajar, pelaksanaan dengan melakukan pengisian kuisioner kecerdasan yang sesuai dan melakukan pemetaan dan pemantauan terhadap kecerdasan individu siswa, setelah itu menghafalkan hafalan yang dihafal menggunakan kecerdasan masing-masing dan diakhir melakukan observasi terhadap siswa saat melakukan setoran hafalan. Kata Kunci: Pendekatan Multiple Intelligence, Siswa, Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an. ***** This research was motivated by students who were unable to achieve their memorization targets and lacked enthusiasm and motivation in memorizing the Quran. The purpose of this study was to determine and describe the function of the Multiple Intelligence Approach as an alternative to Quran memorization at SMPIT Nurul Iman. This study used qualitative methods. The location of this research was SMPIT Nurul Iman. Respondents in this study were the principal, the tahfidz teacher, and several students. The data collection methods used were interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques included data reduction, data presentation, conclusion drawing, and verification. The research results show that the implementation of the Multiple Intelligences approach at SMPIT Nurul Iman can improve the effectiveness of Quran memorization learning, both in terms of motivation, learning strategies, and memorization outcomes. The results of this study explain that after implementing the Multiple Intelligences approach, students possess diverse intelligences, not just one. Therefore, it is important for teachers to understand these diverse intelligences so that students can easily achieve the memorization targets set by the school. Factors that make it difficult for students to achieve memorization targets include inappropriate methods, inconsistent memorization motivation, and an unsupportive learning environment. Musical intelligence, interpersonal intelligence, intrapersonal intelligence, kinesthetic intelligence, and linguistic intelligence are all related to students' cognitive abilities in memorizing the Quran. By implementing, mapping, and adapting Multiple Intelligences to students’ Quran memorization, significant memorization outcomes were found. The implementation of the Multiple Intelligences approach is carried out through planning, namely creating teaching modules. It is implemented by completing appropriate intelligence questionnaires and mapping and monitoring students' individual intelligences. Afterward, students memorize the memorized material using their individual intelligences. Finally, they observe students as they memorize the memorization. Keywords: Multiple Intelligences Approach, Students, Quran Memorization Learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Khairil Ikhsan Siregar, Lc, M. A. ; 2). Suci Nurpratiwi, S.Pd.I., M.Pd. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aisyah Yasfina . |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 01:33 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 01:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |