PRIHARTINI KOMALA DEWI, . (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PEMBANGUNAN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 01 KETANGGUNGAN (STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF, KABUPATEN BREBES). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (881kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
Lampiran dan Daftar RIwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan model pembelajaran sentra Pembangunan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Ketanggungan Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif pada Kelas B3 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Ketanggungan Kabupaten Brebes. Prosedur perekaman data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pemeriksaan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran sentra pembangunan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Ketanggungan adalah pengembangan kreativitas, minat, bakat, dan pengetahuan anak terkait bentuk, ukuran, dan jenis bangunan yang dibangun dengan balok-balok sesuai dengan tema yang dipelajari. Materi yang digunakan pada pembelajaran sentra pembangunan adalah tema-tema yang dapat diterapkan untuk membuat bangunan dari balok-balok. Tema-tema tersebut disusun pada RPPM atau program semester dan tahunan. Tema-tema yang telah disusun lalu dimasukkan ke modul ajar. Metode yang diterapkan pada pembelajaran sentra pembangunan adalah pendekatan sentra berbasis proyek yang artinya kegiatan pembelajaran di sentra pembangunan, anak akan dibagi menjadi kelompok kecil untuk menyelesaikan suatu tema yang diajarkan. Media yang tersedia pada pembelajaran sentra pembangunan adalah balok-balok dengan berbagai bentuk yang terbuat dari kayu, lego-lego, kertas dengan berbagai bentuk, aksesoris atau properti yang disediakan oleh guru, dan lain-lain. Proses yang terdapat pada pembelajaran sentra pembangunan dibagi menjadi tiga, yaitu pembukaan, inti, dan penutup. Asesmen yang digunakan pada pembelajaran sentra pembangunan adalah observasi hasil karya, foto berseri, catatan anekdot, dan checklist. Evaluasi pada pembelajaran sentra pembangunan adalah dilakukan dengan observasi tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan anak, menilai efektivitas pembelajaran, mengidentifikasi kebutuhan anak, memberikan umpan balik, serta memperbaiki pembelajaran. ***** This study aims to describe the Blocks Center learning model at TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Ketanggungan, Brebes Regency. This study uses a descriptive qualitative method in Class B3 at TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Ketanggungan, Brebes Regency. Data recording procedures are carried out through observation, interviews, and documentation. Data analysis uses data reduction, data presentation, and data verification. Data checking is carried out using triangulation. The findings of the study indicate that the purpose of blocks center learning at TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Ketanggungan is to develop children's creativity, interests, talents, and knowledge related to the shape, size, and type of buildings built with blocks according to the themes being studied. The materials used in blocks center learning are themes that can be applied to making buildings from blocks. These themes are arranged in RPPM or semester and annual programs. The themes that have been arranged are then included in the teaching module. The method applied in blocks center learning is a project-based center approach, meaning that during learning activities in the blocks center, children are divided into small groups to complete a given theme. The media available in blocks center learning include wooden blocks of various shapes, Legos, paper in various shapes, accessories or props provided by the teacher, and so on. The process in blocks center learning is divided into three parts: opening, main, and closing. Assessments used in blocks center learning include observation of work, photo series, anecdotal notes, and checklists. Evaluation in blocks center learning is conducted through observation of the implementation of learning activities. The aim is to determine children's blocks, assess the effectiveness of learning, identify children's needs, provide feedback, and improve learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | Hikmah, MM., M.Pd ; Nurbiana Dhieni, M.Psi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Prihartini Komala Dewi . |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 06:26 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 06:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |