AKHMAD SAEFULLAH, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA WEBSITE BERBASIS NICEPAGE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BENDA PADA SISWA HAMBATAN PENDENGARAN (KARYA INOVASI UNTUK SISWA HAMABATAN PENDENGARAN KELAS IV DI SLB BC ARRAHMAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER_Akhmad.pdf Download (841kB) |
![]() |
Text
BAB I_Akhmad.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
BAB II_Akhmad.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III_Akhmad.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV_Akhmad.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V_ AKhmad.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_Akhmad.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_AKhmad.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Siswa dengan hambatan pendengaran sering mengalami kesulitan dalam menguasai kosakata benda karena media pembelajaran yang digunakan kurang sesuai dengan karakteristik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website menggunakan aplikasi Nicepage yang diberi nama Kosakata Kita (KOKATA) guna meningkatkan penguasaan kosakata benda pada siswa kelas IV di SLB-BC Arrahman Jakarta. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Validasi dilakukan oleh ahli materi dengan skor 95, ahli hambatan pendengaran dengan skor 90, dan ahli media dengan skor 93. Ketiganya termasuk dalam kategori sangat baik. Uji coba dilakukan pada empat siswa menggunakan pre-test dan post-test, yang menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 5,6 menjadi 8. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa siswa antusias, aktif, dan mampu menggunakan media dengan baik. Dengan demikian, media KOKATA dinyatakan layak digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran kosakata benda bagi siswa dengan hambatan pendengaran, baik secara mandiri maupun bersama guru. ***** Students with hearing impairments often face difficulties in mastering object vocabulary due to learning media that are not aligned with their specific characteristics. This study aims to develop a website-based learning media using the Nicepage application, named Kosakata Kita (KOKATA), to improve object vocabulary mastery among fourth-grade students at SLB-BC Arrahman Jakarta. The research adopted the ADDIE development model, which consists of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Validation was conducted by three experts: a subject matter expert (score: 95), a hearing impairment expert (score: 90), and a media expert (score: 93), all of which fall into the “excellent” category. The media was tested on four students using a pre-test and post-test, showing an average score increase from 5.6 to 8. Observations also indicated that students were enthusiastic, actively engaged, and able to use the media effectively. Therefore, KOKATA is considered suitable to be used as a supporting tool in object vocabulary learning for students with hearing impairments, both independently and with teacher assistance.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Murni Winarsih, M. Pd ; 2). Dr. Lalan Erlani, M. Ed |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Akhmad Saefullah . |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 01:41 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 01:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |