PENGARUH PERILAKU BELAJAR DAN SELF-EFFICACY TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI OLEH MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

NURUL IZATI, . (2025) PENGARUH PERILAKU BELAJAR DAN SELF-EFFICACY TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI OLEH MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (752kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (609kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku belajar dan self efficacy terhadap pemahaman akuntansi pada mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: perilaku belajar berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi, yang berarti secara parsial perilaku belajar memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman akuntansi mahasiswa. Self efficacy juga berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri mahasiswa dalam kemampuannya turut mendorong pemahaman yang lebih baik terhadap materi akuntansi. Secara simultan, perilaku belajar dan self efficacy berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Kesimpulannya, baik secara parsial maupun simultan, perilaku belajar dan self efficacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. ***** This study aims to analyze the influence of learning behavior and self efficacy on accounting understanding in students. The method used in this study is quantitative with an associative approach. Data were obtained through the distribution of questionnaires and analyzed using multiple linear regression tests. The results of the study showed that: learning behavior had a significant effect on accounting understanding, which means that partially learning behavior made a positive contribution to improving students' accounting understanding. Self efficacy also has a significant effect on accounting understanding. This shows that students' confidence in their abilities also encourages a better understanding of accounting materials. Simultaneously, learning behavior and self efficacy have a significant effect on accounting understanding. In conclusion, both partially and simultaneously, learning behavior and self efficacy have a significant influence on the level of students' accounting understanding.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tri Hesti Utaminingtyas, S.E. M.SA ; 2). Dr. Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Nurul Izati .
Date Deposited: 16 Aug 2025 06:24
Last Modified: 16 Aug 2025 06:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61291

Actions (login required)

View Item View Item