HANI ATIKAH, . (2025) DESAIN PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI "KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA HINDU-BUDDHA” DENGAN MODEL ASSURE PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 290 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (944kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain pembelajaran dengan menggunakan model desain pembelajaran ASSURE pada materi Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Hindu-Buddha dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk peserta didik kelas VII di SMP Negeri 290 Jakarta. Model desain pembelajaran ASSURE terdiri atas enam langkah sistematis, yaitu: (1) analisis peserta didik (analyze learners), (2) perumusan tujuan pembelajaran (state objectives), (3) pemilihan metode, media, dan materi (select methods, media, and materials), (4) pemanfaatan metode, media, dan materi (utilize methods, media, and materials), (5) keterlibatan aktif peserta didik (require learner participation), serta (6) evaluasi dan revisi pembelajaran (evaluate and revise). Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan, di mana literatur dan sumber tertulis dijadikan sebagai landasan utama dalam merancang desain pembelajaran. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan pembelajaran yang sistematis dan terstruktur, yang dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dengan pemanfaatan teknologi dan media serta berorientasi pada keterlibatan aktif peserta didik. Kendati demikian, penelitian ini belum mencakup tahap implementasi di lapangan. Oleh karena itu, disarankan adanya penelitian lanjutan untuk menguji efektivitas desain ini dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik, khususnya pada materi kehidupan masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha dalam mata pelajaran IPS. ***** This study aims to develop an instructional design using the ASSURE model for the topic The Life of Indonesian Society During the Hindu-Buddhist Period in the Social Studies (IPS) subject for seventh-grade students at SMP Negeri 290 Jakarta. The ASSURE instructional design model consists of 6 systematic steps: (1) analyze learner, (2) state objective, (3) select methods, media, and materials, (4) utilize media, and materials, (5) require learner participation and (6) evaluate and revise. This research is a qualitative study employing a library research approach, in which literature and written sources serve as the primary foundation for constructing the instructional design. The result of this study is a structured and systematic learning plan that can be used by teachers to implement effective and engaging learning experiences by integrating technology and multimedia, while promoting active student participation. However, this study is limited to the design phase and has not been implemented in an actual classroom setting. Therefore, further research is recommended to evaluate the effectiveness of this instructional design in enhancing student understanding and learning outcomes, particularly in the context of Social Studies material on the Hindu-Buddhist period in Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Diana Ariani, M.Pd. ; 2). Dra. Suprayekti, M.Pd. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Hani Atikah . |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:37 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61487 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |