VINA REGINA MELATI, . (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CASE BASED LEARNING "TERBENTUKNYA HARGA PASAR" PADA MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 53 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (744kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul berbasis case based learning pada materi Terbentuknya Harga Pasar mata pelajaran Ekonomi untuk siswa kelas X SMAN 53 Jakarta. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4D yang memiliki 4 tahapan utama yaitu Define, Desain, Develop, dan Disseminate. Evaluasi pada pengembangan ini menggunakan evaluasi formatif dengan metode angket kepada expert review dan uji coba pengguna. Hasil dari expert review oleh ahli materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 3.87 (sangat baik), ahli desain pembelajaran 1 memperoleh nilai rata-rata sebesar 3.80 (sangat baik), ahli desain pembelajaran 2 memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,00 (sangat baik) dan ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 3.90 (sangat baik). Berdasarkan hasil dari expert review yang telah dilakukan menunjukkan bahwa produk e-modul berbasis case based learning pada materi Terbentuknya Harga Pasar sudah layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Lalu pada tahap selanjutnya yaitu dilakukan uji coba pengguna evaluasi one-to-one hingga field test dengan menggunakan skala 1-4, hasil dari one-to-one memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,96 (sangat baik), tahap small group memperoleh nilai rata-rata 3,88 (sangat baik), dan tahap evaluasi field test memperoleh nilai rata-rata 3,85 (sangat baik). Selain itu, evaluasi hasil belajar peserta didik pada tahap small group menunjukkan nilai rata-rata sebesar 87,78 dan pada tahap field test sebesar 89,67. Berdasarkan hasil uji coba pengguna yang telah dilakukan menunjukkan bahwa produk e-modul berbasis case based learning pada materi Terbentuknya Harga Pasar sudah efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar. Diharapkan e-modul berbasis case based learning dapat menjadi media pendukung yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep terbentuknya harga pasar dan menambah pengetahuan umum mengenai pengembangan e-modul berbasis case based learning dengan model 4D. ***** This development research aims to produce a product in the form of a Case Based Learning-based e-module on the topic of The Formation of Market Price in Economics for Grade X students at SMAN 53 Jakarta. The development refers to the 4D development model, which consists of four main stages: Define, Design, Develop, and Disseminate. The evaluation in this development used formative evaluation through questionnaires administered to expert reviewers and user testing. The results from expert reviews showed that the material expert gave an average score of 3.87 (very good), instructional design expert 1 gave a score of 3.80 (very good), instructional design expert 2 gave a score of 4.00 (very good), and the media expert gave a score of 3.90 (very good). These results indicate that the Case Based Learning-based e-module on The Formation of Market Price is suitable for use as learning material. Subsequently, user trials were conducted through one-to-one evaluation up to field testing, using a 1–4 scale. The one-to-one stage obtained an average score of 3.96 (very good), the small group stage scored 3.88 (very good), and the field test stage scored 3.85 (very good). In addition, student learning outcomes showed an average score of 87.78 in the small group stage and 89.67 in the field test stage. Based on the results of the user trial, the case-based learning e-module on the topic of Market Price Formation has been proven effective for use as a teaching material. It is expected that this e-module can serve as an effective supporting medium to improve students' conceptual understanding of market price formation and contribute to broader knowledge of developing Case Based Learning e-modules using the 4D model.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Mita Septiani, M.Pd. ; 2). Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Vina Regina Melati |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:27 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61513 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |