PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN KEMBANGAN SELATAN 03

NATASYA ZAHRAH, . (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN KEMBANGAN SELATAN 03. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untik memperoleh data peningkatan literasi sains siswa menggunakan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, and Explain) pada pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Kembangan Selatan 03 dengan jumlah 29 siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Kembangan Selatan 03 pada bulan Juni 2025. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang mengadaptasi model Kemmis & Mc Taggart dan dilakukan dalam 2 siklus 3 pertemuan, dimana setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase perolehan data literasi sains siswa pada siklus I 72,4%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 89,6%. Sedangkan data untuk pemantau tindakan guru pada pembelajaran IPA melalui model pembelajaran RADEC pada siklus I 84% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 97% Sedangkan data untuk pemantau tindakan siswa pada pembelajaran IPA melalui model pembelajaran RADEC mengalami peningkatan dari siklus I 81% menjadi 95%. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan literasi sains siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN Kembangan Selatan 03. ***** This study aims to obtain data on improving students scientific literacy using the RADEC (Read, Answer, Discuss, and Explain) learning model in science learning for fifth-grade students of SDN Kembangan Selatan 03 with a total of 29 students. This study was conducted in fifth-grade students of SDN Kembangan Selatan 03 in June 2025. The research method used in this study is Classroom Action Research which adapts the Kemmis & Mc Taggart model and is carried out in 2 cycles of 3 meetings, where each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection stages. The results of the study show that the percentage of students scientific literacy data acquisition in cycle I is 72.4%. In cycle II there is an increase of 89.6%. While the data for monitoring teacher actions in science learning through the RADEC learning model in cycle I is 84% and has increased in cycle II, namely 97%. While the data for monitoring student actions in science learning through the RADEC learning model has increased from cycle I 81% to 95%. Thus, from the research results, it can be concluded that the RADEC learning model can improve students scientific literacy in science learning for class V at SDN Kembangan Selatan 03.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd.; 2). Prof. Dr. Mohamad Syarif Sumantri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Natasya Zahrah .
Date Deposited: 19 Aug 2025 04:02
Last Modified: 19 Aug 2025 04:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61607

Actions (login required)

View Item View Item