PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN 4C SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 45 JAKARTA

ADELIA ZAHRANI, . (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN 4C SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 45 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File BAB 1.pdf

Download (399kB)
[img] Text
File BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
File Daftar Pustaka.pdf

Download (308kB)
[img] Text
File Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Market Place Activity (MPA) terhadap peningkatan keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, dan Collaboration) siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 45 Jakarta yang dilatarbelakangi oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa kesulitan dalam mengembangkan keterampilannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experimental. Sampel yang digunakan ialah siswa kelas X di SMKN 45 Jakarta yang masingmasing berjumlah 28 siswa dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dihunakan dalam penelitian ini terdiri dari pra eksperimen (sebelum), treatment (perlakuan), observasi, dan pasca eksperimen (setelah). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji N-Gain score dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Market Place Activity mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih aktif, interaktif, dan menyenangkan sehingga meningkatkan keterampilan 4C siswa secara signifikan. Nilai rata-rata keterampilan 4C pada kelas eksperimen meningkat dari 112,04 menjadi 122,43 (kenaikan 31,29%), sementara kelas kontrol mengalami peningkatan dari 109,57 menjadi 119,25 (kenaikan 22,60%). Analisis statistik menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi < 0,001, mengindikasikan perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test di kelas eksperimen. Uji N-Gain menegaskan efektivitas model pembelajaran ini dengan kategori sedang. Kata Kunci: Market Place Activity, Keterampilan 4C, Pendidikan Agama Islam ***** This study aims to analyze the effect of the Market Place Activity (MPA) learning model on the improvement of students' 4C skills (Critical Thinking, Creativity, Communication, and Collaboration) in Islamic Education (PAI) learning at SMKN 45 Jakarta, which is motivated by the lack of student engagement in the learning process, making it difficult for students to develop their skills. The method used in this study is a quantitative method with a quasi-experimental research design. The sample consists of 28 students from the control class and the experimental class, both from grade X at SMKN 45 Jakarta. The data collection techniques used in this study include pre-experiment (before), treatment, observation, and post-experiment (after). The data analysis technique used to test the hypothesis is the N-Gain score test and the paired sample t-test. The results show that the Market Place Activity learning model can create a more active, interactive, and enjoyable learning atmosphere, significantly improving students' 4C skills. The average 4C skills score in the experimental class increased from 112.04 to 122.43 (an increase of 31.29%), while the control class increased from 109.57 to 119.25 (an increase of 22.60%). Statistical analysis using the paired sample t-test shows a significance value of < 0.001, indicating a significant difference between the pre-test and post-test in the experimental class. The N-Gain test confirms the effectiveness of this learning model with a moderate category. Keywords: Market Place Activity, 4C Skills, Islamic Education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muhamad Ridwan Effendi, S.Pd.I., M.Ud. ; 2). Dr. Rihlah Nur Aulia, M.A.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adelia Zahrani .
Date Deposited: 20 Aug 2025 00:58
Last Modified: 20 Aug 2025 00:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61659

Actions (login required)

View Item View Item