KORELASI ANTARA MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN PINANG, KECAMATAN PINANG, KOTA TANGERANG

GALIH A'RAAF PRAJNA PARAMITHA, . (2025) KORELASI ANTARA MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN PINANG, KECAMATAN PINANG, KOTA TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara media pembelajaran PowerPoint interaktif dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 61 siswa kelas IV SDN Pinang 1, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, di mana seluruh anggota populasi dijadikan sampel karena jumlahnya relatif kecil dan memungkinkan untuk diteliti secara keseluruhan. Pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk mengukur penggunaan media pembelajaran PowerPoint interaktif dan dokumentasi nilai hasil belajar IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara media pembelajaran PowerPoint interaktif dengan hasil belajar IPA siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,582 yang termasuk dalam kategori sedang. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin optimal penggunaan media PowerPoint interaktif dalam proses pembelajaran, maka cenderung semakin baik pula hasil belajar siswa. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi interaktif dapat menjadi salah satu alternatif yang efektif untuk mendukung peningkatan hasil belajar IPA di tingkat sekolah dasar. Kata Kunci: PowerPoint Interaktif, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, IPA, Sekolah Dasar ***** This study aims to determine the relationship between interactive PowerPoint as a learning medium and the science learning outcomes of fourth-grade elementary school students. The research employed a quantitative approach using a correlational method. The population consisted of 61 fourth-grade students from SDN Pinang 1, Pinang District, Tangerang City. The sampling technique used was total sampling, in which the entire population was taken as the sample due to its relatively small size, making it feasible to study comprehensively. Data were collected through questionnaires to measure the use of interactive PowerPoint media and documentation of students’ science learning scores. Data analysis was conducted using the Pearson Product Moment correlation technique. The results showed a positive and significant relationship between the use of interactive PowerPoint media and students’ science learning outcomes, with a correlation coefficient of 0,582, which falls into the moderate or fairly strong category. This indicates that the more effectively interactive PowerPoint media is used in the learning process, the better the students' learning outcomes tend to be. These findings suggest that the use of technology-based interactive media can be an effective alternative to support the improvement of science learning outcomes at the elementary school level. Keywords: Interactive PowerPoint, Learning Outcomes, Instructional Media, Science, Elementary School

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Susi Winarni, M.Pd ; 2). Petrus Paulus Mbette Suhendro, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Galih A'raaf Prajna Paramitha .
Date Deposited: 22 Aug 2025 00:55
Last Modified: 22 Aug 2025 00:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61673

Actions (login required)

View Item View Item