SYELLA REGINA EFIPANIA SIMANJUNTAK, . (2025) PENGEMBANGAN KOMPETENSI APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DI ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA MELALUI APLIKASI LAYANAN KEPEGAWAIAN (STUDI KASUS : PEMANFAATAN APLIKASI LAYANAN PEGAWAI, SIAP, DAN TALENT POOL). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (703kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Di Arsip Nasional Republik Indonesia Melalui Aplikasi Layanan Kepegawaian. Sub fokus penelitian ini adalah pemetaan Pengembangan Kompetensi, perencanaan pengembangan kompetensi, pelaksanaan pengembangan kompetensi, dan hasil pengembangan kompetensi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2024 hingga Juli 2025. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini meliputi tim pengembangan kompetensi , tim manajemen talenta, dan tim data dan informasi ASN. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemetaan pengembangan kompetensi di ANRI sudah berjalan dengan cukup baik melalui digitalisasi SIAP dan Talent Pool. Sedangkan pada proses perencanaan pengembangan kompetensi masih belum optimal dan mengalami tantangan yang cukup fundamental seperti pelaksanaan Human Capital Development Plan (HCDP) dan Individual Development Plan (IDP) yang tidak berurut secara sistematis. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, ANRI dapat membuktikan berbagai cara yang adaptif dengan berbagai tantangan yang ada di mana salah satunya adalah keterbatasan anggaran dan penggunaan aplikasi yang kurang optimal. Dengan proses yang cukup baik, pada akhirnya hasil pengembangan kompetensi ASN di ANRI pun dapat disimpulkan cukup baik, banyak pegawai yang mengapresiasi inovasi dan digitalisasi yang dilakukan oleh tim pengembangan kompetensi dan tim data dan informasi ASN untuk mendukung efektivitas kerja pegawai. Kata kunci : Pengembangan kompetensi, Aparatur Sipil Negara, Manajemen SDM ***** This study aims to examine the Development of Civil Servants’ Competence at the National Archives of the Republic of Indonesia (ANRI) through the Civil Service Application. The sub-focuses of this research include competency mapping, competency development planning, competency development implementation, and competency development outcomes. The study was conducted from August 2024 to July 2025 using a qualitative approach with a descriptive case study method. Data were collected through interviews, observations, and documentation. The research informants consisted of the Competency Development Team, the Talent Management Team, and the Civil Servant Data and Information Team. The findings indicate that competency mapping at ANRI has been carried out quite effectively through the digitalization of SIAP and the Talent Pool. However, competency development planning remains suboptimal and faces fundamental challenges, such as the non-systematic sequence in implementing the Human Capital Development Plan (HCDP) and the Individual Development Plan (IDP). In implementing competency development, ANRI has demonstrated adaptive strategies in responding to various challenges, including budget constraints and the suboptimal use of applications. Overall, the competency development outcomes at ANRI can be considered satisfactory, with many employees appreciating the innovations and digitalization efforts made by the Competency Development Team and the Civil Servant Data and Information Team to support work effectiveness. Keywords: Competency Development, Civil Servants, Human Resource Management
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Rugaiyah, M.Pd ; 2). Dr. Desi Rahmawati, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 30983 not found. |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 01:12 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 01:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |