WIDIA KUSUMA DEWI, . (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA KOMBHU PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS III DI SLB NEGERI 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (987kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf dalam membedakan bentuk huruf b dan d, b dan p, m dan w melalui media kotak membedakan huruf (kombhu) pada peserta didik hambatan intelektual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 5 peserta didik hambatan intelektual kelas III di SLB Negeri 7 Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes, tes yang digunakan yaitu tes lisan dan perbuatan, sedangkan non tes berupa hasil observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kombhu dapat membantu meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada peserta didik hambatan intelektual kelas III di SLB Negeri 7 Jakarta. Peningkatan tersebut dilihat dari hasil rata-rata kemampuan peserta didik sebelum diberikan tindakan yaitu 8 dengan memperoleh nilai 42, kemudian setelah diberikan tindakan pada siklus I rata-rata kemampuan peserta didik meningkat menjadi 51 dengan memperoleh nilai 257. Pada siklus II kemampuan peserta didik kembali meningkat dengan hasil rata-rata 80 dan memperoleh nilai 400. Dengan hasil penelitian ini, pembelajaran melalui media kombhu dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf dalam membedakan bentuk huruf b dan d, b dan p, m dan w pada peserta didik hambatan intelektual kelas III di SLB Negeri 7 Jakarta. ***** This study aims to improve the ability to recognize letters in distinguishing the shapes of letters b dan d, b dan p, m dan w through the media of distinguishing letter boxes (kombhu) for students with intellectual disabilities. The research method used was classroom action research (PTK) which was carried out in two cycles. The research subjects were 5 students with intellectual disabilities in class III at SLB Negeri 7 Jakarta. The data collection techniques used are tests and non-tests, the tests used are oral and action tests, while the non-tests are in the form of observation results, field notes, and documentation. The data analysis used is quantitative and qualitative data analysis. The results showed that kombhu media can help improve the ability to recognize letters in class III intellectual disability students at SLB Negeri 7 Jakarta. The increase is seen from the average results of the ability of students before being given action, namely 8 by obtaining a score of 42, then after being given action in cyle I the average ability of students increased to 51 by obtaining a score of 257. With the results of this study, learning through kombhu media can improve the ability to recognize letters in distinguishing the shapes of letters b dan d, b dan p, m dan w in class III intellectual disability students at SLB Negeri 7 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Irah Kasirah, M.Pd. ; 2). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Pendidikan Khusus Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Widia Kusuma Dewi . |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 01:37 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 01:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |