MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, DAN REVIEW (SQ3R) PADA PESERTA DIDIK KESULITAN BELAJAR KELAS V DI SDS PANTARA

TIARA NURAENI SUDRAJAT, . (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, DAN REVIEW (SQ3R) PADA PESERTA DIDIK KESULITAN BELAJAR KELAS V DI SDS PANTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia bagi peserta didik kesulitan belajar kelas V di SDS Pantara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian sebanyak 3 peserta didik kesulitan belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam kelas inklusi dengan menerapkan Metode Survey, Question, Read, Recite dan Review (SQ3R) pada pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian dilakukan dalam dua siklus menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes tertulis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kesulitan belajar pada materi membaca pemahaman literal dan interpretatif dengan Metode Survey, Question, Read, Recite dan Review (SQ3R). Hal ini terlihat dari peningkatan hasil tes tertulis peserta didik dari tahap kemampuan awal rata-rata sebesar 48,3 menjadi 74,3 pada siklus I, dan menjadi 91 pada siklus II. Secara kualitatif, peningkatan ini terlihat dari perubahan perilaku dan sikap peserta didik yang dari awal pembelajaran kurang termotivasi dan kurang aktif berkontribusi dalam pembelajaran menjadi lebih antusias, aktif dan percaya diri dalam proses kegiatan tanya jawab dengan guru di kelas. Dengan peningkatan ini, Metode Survey, Question, Read, Recite dan Review (SQ3R) terbukti efektif digunakan sebagai metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kesulitan belajar ***** This study aims to improve reading comprehension skills in Bahasa Indonesia lessons for fifth-grade students with learning difficulties at SDS Pantara. The method used in this study is Classroom Action Research (CAR), with three students with learning difficulties as the research subjects. The study was conducted in an inclusive classroom by applying the Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) method in reading comprehension instruction. The research was carried out in two cycles using data collection techniques such as observation, field notes, documentation, and written tests. The data analysis used in this study was both quantitative and qualitative. The results of the study showed an improvement in the reading comprehension skills of students with learning difficulties in literal and interpretive reading comprehension using the Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) method. This was evident from the improvement in the students' written test scores from an average of 48.3 at the initial stage to 74.3 in cycle I and 91 in cycle II. Qualitatively, this improvement is evident from changes in the behavior and attitudes of students, who initially were less motivated and less active in contributing to the learning process, becoming more enthusiastic, active, and confident in the question-and-answer activities with the teacher in the classroom. With this improvement, The Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) method has been proven effective as a learning method for improving reading comprehension skills in students with learning disability.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc ; 2). Leliana Lianty, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Tiara Nuraeni Sudrajat
Date Deposited: 25 Aug 2025 00:54
Last Modified: 25 Aug 2025 00:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61925

Actions (login required)

View Item View Item