PROGRAM INTERVENSI DINI SEBAGAI PERSIAPAN PEMBELAJARAN BAHASA PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI SLB B PANGUDI LUHUR

NURHAYATI, . (2025) PROGRAM INTERVENSI DINI SEBAGAI PERSIAPAN PEMBELAJARAN BAHASA PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI SLB B PANGUDI LUHUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB I wm.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II wm.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III wm.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV wm.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V wm.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
DAPUS wm.pdf

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN wm.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara fakta dari persiapan pembelajaran bahasa supaya peneliti bisa menjadi rujukan sekolah lain yang ingin menyelenggarakan pelayanan program intervensi dini. Penelitian ini menggunakan metode dan pendekatan Kualitatif Deskriptif dengan alur reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Sumber penelitian ini ialah guru kelas, kepala sekolah, peserta didik dan orang tua peserta didik. Hasil penelitian ini bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan seperti kurikulum yang sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan peserta didik dan memiliki target tujuan, metode dalam kegiatan pembelajaran yaitu metode maternal reflektif. Materi yang dgunakan bersifat kondisional yaitu berdasarkan hasil percakapan peserta didik yang kemudian divisualisasikan lewat gambar oleh guru. Evaluasi dilakukan dalam kegiatan pembelajaran bahasa bagi peserta didik tunarungu melalui evaluasi proses dan evaluasi hasil. ***** This study aims to describe the facts of language learning preparation so that researchers can be a reference for other schools that want to provide early intervention program services. This study uses a Descriptive Qualitative method and approach with a data reduction flow, data presentation and data conclusions. The sources of this study are class teachers, principals, students and parents of students. The results of this study are that the learning tools used such as a curriculum that has been modified according to the needs of students and has a target goal, the method in learning activities is the reflective maternal method. The material used is conditional, namely based on the results of student conversations which are then visualized through pictures by the teacher. Evaluation is carried out in language learning activities for deaf students through process evaluation and outcome evaluation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Totok Bintoro, M.Pd; 2). Leliana Lianty, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Nurhayati .
Date Deposited: 27 Aug 2025 02:00
Last Modified: 27 Aug 2025 02:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62156

Actions (login required)

View Item View Item