AHMAD ZAKKY, . (2025) PENGEMBANGAN JINGLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS 3 SD DI MI YAHYA BEKASI MATERI MUFRADAT HURUF. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (844kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan jingle sebagai media pembelajaran berbasis audio untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Arab, khususnya materi mufradat huruf, bagi siswa kelas III di MI Yahya Bekasi. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kendala dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di lapangan, yaitu minimnya penggunaan media audio yang menarik dan menyenangkan, yang berdampak pada kesulitan siswa dalam menghafal dan memahami materi mufradat huruf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Prosedur pengembangan dimulai dari analisis kebutuhan (kurikulum, karakteristik peserta didik, tugas, dan konsep), perancangan produk awal, pengembangan produk melalui produksi jingle dan validasi ahli, hingga persiapan penyebaran. Jingle dikembangkan dengan mempertimbangkan karakteristik siswa kelas III (usia 8-9 tahun) yang berada pada tahap operasional konkret, cenderung memiliki gaya belajar auditori dan kinestetik. Produk akhir berupa jingle audio berdurasi singkat, menggunakan melodi yang ceria dan mudah diingat, serta lirik yang disesuaikan dengan materi mufradat huruf (nama keluarga dan olahraga). Hasil validasi ahli (materi dan media) menunjukkan bahwa produk jingle dikategorikan layak dan siap digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan tahapan pengembangan dan validasi yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil menghasilkan produk jingle audio yang valid dan layak sebagai media pembelajaran inovatif untuk materi mufradat huruf Bahasa Arab di kelas III MI. ***** This research aims to develop jingles as audio-based learning media to enhance the effectiveness of learning Arabic, specifically the letter vocabulary (mufradat huruf) material, for grade III students at MI Yahya Bekasi. The background of this research is the challenge encountered in the Arabic language learning process, namely the lack of engaging and enjoyable audio media, which leads to difficulties for students in memorizing and understanding the letter vocabulary material. The research method used is Research and Development (R&D) employing the 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate). The development procedure begins with needs analysis (curriculum, student characteristics, tasks, and concepts), initial product design, product development through jingle production and expert validation, up to dissemination preparation. The jingle was developed considering the characteristics of grade III students (aged 8-9 years) who are in the concrete operational stage and tend to have auditory and kinesthetic learning styles. The final product is a short-duration audio jingle, using a cheerful and memorable melody, with lyrics adapted to the letter vocabulary material (family names and sports). The expert validation results (material and media experts) indicate that the jingle product is categorized as suitable and ready for use as a learning medium. Based on the development stages and validation conducted, it can be concluded that this research successfully produced a valid and feasible audio jingle product as an innovative learning medium for Arabic letter vocabulary material for grade III MI students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Cecep Kustandi, M.Pd. ; 2). Diana Ariani, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran Seni Musik > Musik |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Ahmad Zakky . |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 01:42 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 01:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |