WINDA SUNDARI, . (2025) PENGARUH PERAN PENGASUH DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KUALITAS HASIL PEMBELAJARAN DI SEPOLWAN LEMDIKLAT POLRI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text
3. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) | Request a copy |
![]() |
Text
4. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB IV PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (950kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB V KESIMPULAN.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA WINDA.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh peran pengasuh dan lingkungan belajar terhadap kualitas hasil pembelajaran peserta didik di Sepolwan Lemdiklat Polri. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran pengasuh berkontribusi terhadap hasil belajar, menilai pengaruh lingkungan belajar dalam mendukung proses pembelajaran, serta mengidentifikasi pengaruh simultan kedua variabel tersebut dalam meningkatkan kualitas hasil pembelajaran peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran faktual dan sistematis mengenai objek penelitian, sedangkan metode verifikatif bertujuan untuk menguji hipotesis tentang hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh peserta didik menggunakan teknik total sampling. Analisis data dilakukan dengan uji statistik, khususnya analisis regresi berganda, untuk mengukur pengaruh peran pengasuh dan lingkungan belajar terhadap kualitas hasil pembelajaran baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pengasuh memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas hasil pembelajaran dengan kontribusi sebesar 45,5%. Selain itu, lingkungan belajar juga memiliki pengaruh yang cukup besar dengan kontribusi sebesar 41,3%. Secara simultan, peran pengasuh dan lingkungan belajar memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap kualitas hasil pembelajaran dengan kontribusi sebesar 83,5%. Temuan ini menunjukkan bahwa dukungan optimal dari pengasuh yang dipadukan dengan lingkungan belajar yang kondusif akan berdampak signifikan dalam meningkatkan kualitas hasil pembelajaran peserta didik di Sepolwan Lemdiklat Polri. Kata Kunci: Peran Pengasuh, Lingkungan Belajar, Kualitas Hasil Pembelajaran. ***** The purpose of this research is to analyze the influence of caregiver roles and the learning environment on the quality of learning outcomes of students at Sepolwan Lemdiklat Polri. Specifically, this study aims to determine the extent to which caregiver roles contribute to learning outcomes, assess the impact of the learning environment in supporting the learning process, and identify the simultaneous influence of both variables in improving the quality of students' learning outcomes.. The research method used is the descriptive verificative method with a quantitative approach. The descriptive method is employed to provide a factual and systematic depiction of the research object, while the verificative method aims to test the hypothesis regarding the relationships between the researched variables. Data is collected through questionnaires distributed to all students using total sampling technique. Data analysis is conducted using statistical tests, specifically multiple regression analysis, to measure the impact of caregiver roles and the learning environment on the quality of learning outcomes both partially and simultaneously. The research results show that the role of the caregiver has a significant influence on the quality of learning outcomes with a contribution of 45.5%. In addition, the learning environment also has a considerable impact with a contribution of 41.3%. Simultaneously, the roles of the caregiver and the learning environment have a very strong influence on the quality of learning outcomes with a contribution of 83.5%. These findings indicate that optimal support from caregivers combined with a conducive learning environment will significantly impact improving the quality of learning outcomes for students at Sepolwan Lemdiklat Polri. Keywords: Role of Caregivers, Learning Environment, Quality of Learning Outcomes.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1. WINDA DEWI LISTYASAR,M.PD.,P.hD. 2. Dr. HERU SANTOSA, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | WINDA SUNDARI . |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 03:00 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62306 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |