PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BENDA BAHASA INGGRIS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA FOTONOVELA PADA SISWA HAMBATAN PENDENGARAN KELAS VIII DI SLB NEGERI 02 JAKARTA

NUR AZIZAH RAMADHANI, . (2025) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BENDA BAHASA INGGRIS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA FOTONOVELA PADA SISWA HAMBATAN PENDENGARAN KELAS VIII DI SLB NEGERI 02 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FILE COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE BAB 1.pdf

Download (382kB)
[img] Text
FILE BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text
FILE BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text
FILE BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text
FILE BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
FILE DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text
FILE LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa hambatan pendengaran perlu didukung dengan penerapan pendekatan pembelajaran dan penggunaan media yang sesuai dengan kebutuhan belajar visual mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kosakata benda dalam Bahasa Inggris melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media fotonovela pada siswa kelas VIII di SLB Negeri 02 Jakarta. Menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara mixed methods: kualitatif dengan reduksi, penyajian, dan verifikasi data serta kuantitatif dengan statistik deskriptif. CTL diterapkan melalui tujuh komponen utama yang diintegrasikan ke dalam sintaks: invitasi, eksplorasi, penjelasan dan solusi, serta penerapan. Fotonovela dimanfaatkan sebagai media visual kontekstualisasi kosakata benda secara komunikatif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan: skor rata-rata awal 47,29%, naik menjadi 61,25% di siklus I dan mencapai 82,5% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi CTL dan fotonovela efektif dalam memperkuat pemahaman dan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa dengan hambatan pendengaran. ***** Mastery of English vocabulary among students with hearing impairments must be supported by learning approaches and media tailored to their visual learning needs. This study investigates the effectiveness of Contextual Teaching and Learning (CTL) supported by fotonovela media to enhance English object-based vocabulary acquisition in eighth-grade students at SLB Negeri 02 Jakarta. Conducted through a two-cycle Classroom Action Research design, data were gathered via observation, testing, interviews, and documentation, and analyzed using mixed methods: qualitatively through reduction and verification, and quantitatively via descriptive statistics. CTL was implemented using seven core components embedded in instructional phases—invitation, exploration, explanation, and application—while fotonovelas served as visual contextual tools. Results demonstrated a marked improvement in vocabulary scores: rising from 47.29% pre-intervention, to 61.25% in Cycle I, and 82.5% in Cycle II. The findings affirm that CTL combined with fotonovela media is effective in strengthening English vocabulary acquisition among students with hearing impairments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Leliana Lianty, M.Pd; 2). Budi Santoso, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Nur Azizah Ramadhani .
Date Deposited: 10 Sep 2025 08:42
Last Modified: 10 Sep 2025 08:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62364

Actions (login required)

View Item View Item