MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN WANASARI 13

ALFIYYAH THOYIBAH, fiyyah (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN WANASARI 13. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
cover fiyyah_watermark.pdf

Download (717kB)
[img] Text
bab I fiyyah_watermark_compressed.pdf

Download (108kB)
[img] Text
bab II fiyyah_watermark_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
bab III fiyyah_watermark_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
bab IV fiyyah_watermark_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab V fiyyah_watermark_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka fiyyah_watermark_compressed.pdf

Download (79kB)
[img] Text
lampiran fiyyah_watermark_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA melalui metode eksperimen pada peserta didik di kelas IV-A SDN Wanasari 13 sebanyak 26 orang. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi menggunakan lembar pemantau tindakan guru dan peserta didik, lembar evaluasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA di kelas IV-A SDN Wanasari 13 ditunjukkan pada siklus I hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik mendapat persentase 57,69 % dan pada siklus II diperoleh 69,23 % dan pada siklus III diperoleh 88,46 % sehingga peningkatan yang terjadi sebanyak 30,87% dan berdasarkan hasil penelitian tiap siklus, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan keampuan berpikir kritis peserta didik di kelas IV-A SDN Wanasari 13. ***** This study aims to improve critical thinking skills in science learning through experimental methods in class IV-A SDN Wanasari 13 as many as 26 people. The method used is Classroom Action Research (CAR) with data collection techniques by observation using teacher and student action monitoring sheets, evaluation sheets, and documentation. The results of the study indicate that the experimental method can improve students' critical thinking skills in science learning in class IV-A SDN Wanasari 13 as shown in cycle I the results of the critical thinking ability test of students got a percentage of 57,69% and in cycle II it was obtained 69,23% and in cycle III it was obtained 88,46% so that there was an increase of 30,87% and based on the results of each cycle, it can be concluded that science learning using experimental methods can improve students' critical thinking skills in class IV-A SDN Wanasari 13.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs.Endang Wahyudiana, M.Pd; 2). Taofik, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Alfiyyah Thoyibah .
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:46
Last Modified: 11 Sep 2025 02:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62401

Actions (login required)

View Item View Item