PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MOZAIK CLAY TEPUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MEMASANG KANCING TEKAN PADA PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME

GIANNY NATASYA CHANDRA, . (2025) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MOZAIK CLAY TEPUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MEMASANG KANCING TEKAN PADA PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran mozaik clay tepung dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus dalam memasang kancing tekan pada peserta didik dengan autism di TK Pangudi Luhur Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak laki-laki berusia enam tahun dengan diagnosis autisme. Intervensi dilakukan melalui aktivitas membuat mozaik menggunakan clay tepung yang dirancang untuk melatih koordinasi mata-tangan dan kelenturan otot jari tangan, terutama dalam keterampilan memasang kancing tekan. Hasil analisis visual menunjukkan adanya peningkatan keterampilan motorik halus pada fase intervensi dibandingkan dengan fase baseline awal, dan kestabilan hasil tetap terjaga pada fase baseline kedua. Temuan ini menunjukkan bahwa media mozaik clay tepung dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak dengan autisme, khususnya dalam aktivitas bina diri seperti memasang kancing ***** This study aims to explore how the use of mosaic flour clay as a learning medium can help improve fine motor skills in fastening snap buttons among students with autism at TK Pangudi Luhur Jakarta. The research employed a Single Subject Research (SSR) method using an A-B-A design. The subject was a six-year-old boy diagnosed with autism. The intervention involved mosaic-making activities using flour-based clay designed to train hand–eye coordination and finger flexibility, particularly in the task of fastening snap buttons. Visual analysis showed a noticeable improvement in fine motor skills during the intervention phase compared to the initial baseline, with stable results maintained in the second baseline phase. These findings suggest that mosaic flour clay can serve as a supportive instructional tool to enhance fine motor development in children with autism, especially in self-help skills such as fastening clothing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suprihatin, M.E.d, Ed.D; 2). Budi Santoso, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Gianny Natasya Chandra .
Date Deposited: 15 Sep 2025 01:58
Last Modified: 15 Sep 2025 01:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62431

Actions (login required)

View Item View Item