INGKA SARI, . (2025) ANALISIS PESAN DAKWAH EDUKASI TOLERANSI BERAGAMA PADA KONTEN AKUN INSTAGRAM @HUSEIN_HADAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER_Ingka Sari.pdf Download (787kB) |
![]() |
Text
BAB I_Ingka Sari.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
BAB II_Ingka Sari.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III_Ingka Sari.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV_Ingka Sari.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V_Ingka Sari.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_Ingka Sari.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_Ingka Sari.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan dakwah edukasi toleransi beragama yang disampaikan melalui konten akun Instagram @husein_hadar. Seiring berkembangnya teknologi dan media sosial, dakwah mengalami transformasi, tidak hanya dilakukan melalui mimbar dan majelis, tetapi juga melalui platform digital seperti Instagram. Penelitian ini penting karena menunjukkan bagaimana dakwah digital dapat menjadi sarana efektif dalam menyampaikan nilai-nilai toleransi antarumat beragama kepada masyarakat luas, khususnya generasi muda pengguna media sosial. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif dengan pendekatan Krippendorff. Data dikumpulkan melalui dokumentasi konten video reels yang diunggah oleh akun Instagram @husein_hadar selama periode Januari hingga Maret 2025. Fokus penelitian diarahkan pada klasifikasi pesan dakwah yang mengandung nilai-nilai toleransi, yang kemudian dikategorikan ke dalam tiga ruang lingkup utama: tanggung jawab, kebebasan, dan keadilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sejumlah konten dakwah yang dianalisis, terdapat enam video yang secara eksplisit menyampaikan pesan edukasi toleransi beragama. Nilai-nilai toleransi dalam konten tersebut menggambarkan sikap saling menghargai, menghormati perbedaan keyakinan, serta menjunjung tinggi kemanusiaan dalam interaksi antarumat beragama. Habib Ja’far sebagai tokoh sentral dalam konten-konten tersebut, secara konsisten menyampaikan dakwah yang moderat, inklusif, dan kontekstual, yang selaras dengan prinsip-prinsip Islam rahmatan lil ‘alamin. ***** The objective of this study is to analyze the educational messages on religious tolerance conveyed through the content of the Instagram account @husein_hadar. The advent of technological innovations and social media platforms has precipitated a paradigm shift in the modus operandi of da'wah, which has evolved beyond the confines of conventional avenues such as pulpits and congregations, encompassing new digital domains like Instagram. This research is significant because it demonstrates how digital da'wah can serve as an effective means of conveying values of interfaith tolerance to the broader public, particularly among young social media users. This study employs a qualitative content analysis method using Krippendorff's approach. The data was collected through the documentation of video reels uploaded by the Instagram account @husein_hadar during the period from January to March of 2025. The present study focuses on the classification of da'wah messages that espouse values of tolerance. These messages are then categorized into three overarching classifications: responsibility, freedom, and justice. The results of the study indicate that among the dakwah content analyzed, six videos explicitly convey messages of religious tolerance education. The values of tolerance depicted in the content include mutual respect, respect for differences in beliefs, and upholding humanity in interfaith interactions. Habib Ja'far, the central figure in these contents, consistently delivers moderate, inclusive, and contextual dakwah that aligns with the principles of Islam as a mercy to all creation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Abdul Fadhil, M.Ag. ; 2). Mushlihin, S.Pd.I.,M.A. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ingka Sari . |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 06:27 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 06:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62503 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |