FADHILAH ZUHROH, . (2025) PENERAPAN KEGIATAN PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SESUAI DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
cover.pdf Download (831kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan karakter menjadi isu strategis dalam pembangunan sumber daya manusia di Indonesia. Pembentukan karakter yang kokoh dan terarah menjadi fokus utama dalam Kurikulum Merdeka melalui implementasi Profil Pelajar Pancasila. Salah satu kegiatan pendidikan nonformal yang relevan untuk mendukung hal tersebut adalah kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan kegiatan Pramuka Siaga di SDN Rawa Badak Utara 23 Jakarta Utara mampu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan enam dimensi utama Profil Pelajar Pancasila, yaitu: (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; (2) mandiri; (3) bergotong-royong; (4) berkebinekaan global; (5) bernalar kritis; dan (6) kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, pelatih pramuka, orang tua dan peserta didik, serta dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kepramukaan golongan siaga, efektif dalam membentuk karakter, penanaman nilai-nilai moral melalui kegiatan pengisian SKU, serta aktivitas kebersamaan dalam permainan, upacara, pelatihan, dan kegiatan kepramukaan lainnya. Meski demikian, masih dijumpai hambatan seperti rendahnya minat sebagian siswa dan kurangnya keterlibatan orang tua serta waktu latihan yang singkat. *********** Character education is a strategic issue in human resource development in Indonesia. Building a strong and focused character is the main focus of the Independent Curriculum through the implementation of the Pancasila Student Profile. One relevant non-formal educational activity to support this is the Scouting extracurricular activity. This study aims to describe how the implementation of Scouting Siaga activities at SDN Rawa Badak Utara 23, North Jakarta, can shape student character according to the six main dimensions of the Pancasila Student Profile: (1) faith, devotion to God Almighty, and noble character; (2) independence; (3) mutual cooperation; (4) global diversity; (5) critical thinking; and (6) creativity. This study used a descriptive qualitative approach, collecting data through direct observation, in-depth interviews with principals, teachers, scout coaches, parents, and students, and documentation of activities. The results indicate that Siaga Scouting activities are effective in developing character, instilling moral values through SKU (Student Registration Certificate) filling activities, and fostering togetherness in games, ceremonies, training, and other Scouting activities. However, obstacles remain, such as low student interest, lack of parental involvement, and short training times.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Waluyo Hadi, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 30850 not found. |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 01:42 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 01:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |