RIZKA HERLINA, . (2025) PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @IAMOKAY.ID TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI KESEHATAN MENTAL REMAJA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (618kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (462kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan mental yang dihadapi oleh remaja banyak berasal dari ketidaktahuan mereka terhadap pentingnya kesehatan mental yang masih dianggap tabu di Indonesia. Komunikasi menjadi komponen penting dalam menyampaikan sebuah informasi kepada khalayak umum. Informasi mengenai kesehatan mental remaja yang disebarkan secara meluas bertujuan agar tercapainya kesehatan mental serta mendorong setiap orang agar lebih peduli terhadap kesehatan mentalnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial instagram @iamokay.id terhadap kebutuhan informasi kesehatan mental remaja. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification yang berfokus pada bagaimana pengikut akun instagram @iamokay.id secara aktif menggunakan media untuk memenuhi kebutuhan informasi kesehatan mental remaja. Variabel X dalam penelitian ini adalah media sosial yang dianalisis berdasarkan empat dimensi, yaitu context, communication, collaboration, dan connection. Sedangkan variabel Y adalah kebutuhan informasi dengan empat dimensi yaitu, current need approach, everyday need approach, exhaustic need approach, dan catching-up need approach. Metode penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan secara daring dengan metode survei melalui kuesioner Google Form pada 100 responden dari populasi 35.600 pengikut akun instagram @iamokay.id. Hasil penelitian menyatakan bahwa media sosial instagram @iamokay.id berhasil dalam menyampaikan informasi terkait kesehatan mental remaja kepada pengikutnya dengan pendekatan catching-up need approach yang positif. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan distribusi frekuensi dan nilai rata-rata. Selanjutnya, penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara media sosial terhadap kebutuhan informasi kesehatan mental remaja. Pengaruhnya termasuk dalam kategori sangat kuat. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan penelitian ini mendapatkan hasil bahwa ha diterima dan ho ditolak. Media sosial instagram yang dikelola oleh @iamokay.id berjalan dengan baik dalam memenuhi kebutuhan informasi kesehatan mental remaja ditandai dengan pesan yang mudah dipahami serta diterima oleh para pengikutnya. Akan tetapi, akun instagram @iamokay.id harus meningkatkan diskusi dengan pengikutnya agar para pengikut merasa terhubung secara emosional dengan akun instagram @iamokay.id. ********* The mental problems faced by adolescents often stem from their ignorance of the importance of mental health which is still taboo in Indonesia. Communication is an important component in conveying information to the general public. Information about adolescent mental health that is widely disseminated aims to achive mental health and encourage everyone to care more about their mental health. Based on the problems, this study aims to determine the influence of the use of instagram social media @iamokay.id on the need for mental health in adolescents. This study uses the uses and gratification theory which focuses on how followers of the account actively use the media to meet the need for mental health information in adolescents. Variable X is social media which is analyzed based on four dimensions, namely context, communication, collaboration, and connection. While variable Y is the need for information with four menus, namely, current need approach, everyday need approach, exhaustic need approach, and catching-up need approach. This research method uses a positivistic paradigm with a quantitative approach. This research was conducted online with a survey method through a Google Form questionnaire on 100 respondents from a population of 35.600 followers of the @iamokay.id instagram account. The research results state that the instagram social media @iamokay.id is successful in conveying information related to adolescent mental health to its followers with a catching-up need approach that is positive. This can be seen from the calculation results of the frequency distribution and average value. Futhermore, this research also show that there is an influence of social media on fulfilling the information needs of adolescent mental health. This influence is categorized as quite strong. Based on the research results, ha is accepted and ho is rejected. The instagran social media managed by @iamokay.id continues to strive to fulfill the information needs of adolescent mental health well with massages that are easily understood and accpted by its followers. However, the instagram account @iamokay.id must improve discussions with its followers so that followers feel emotionally connected with the account
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Vera Wijayanti Sutjipto, M.Si. ; 2). Dr. Marisa Puspita Sary, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rizka Herlina . |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 03:06 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 03:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |