Sabrina Tiara Aryansyah, . (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAKAN SHALAT BAGI PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME KELAS 3 DI SEKOLAH KHUSUS NEGERI 01 KOTA TANGERANG SELATAN DENGAN METODE SIMULASI BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
FILE COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
FILE BAB 1.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
FILE BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) | Request a copy |
![]() |
Text
FILE BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (850kB) | Request a copy |
![]() |
Text
FILE BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
FILE BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
![]() |
Text
FILE DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
FILE LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerakan shalat pada peserta didik autisme di kelas 3 Sekolah Khusus Negeri 01 Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan model PTK Kemmis S dan Taggart R. PTK meliputi tahapan yang terdiri dari planning, action and observation, reflections. Penelitian dilakukan dalam dua siklus menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan dan tes kinerja. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan adanya perubahan kemampuan gerakan shalat dari takbir hingga salam pada peserta didik, terlihat dari peningkatan hasil kinerja pada peserta didik dari tahap kemampuan awal rata-rata sebesar 59 menjadi 76 pada siklus 1, dan menjadi 92 pada siklus II. Secara kualitatif, peningkatan ini terlihat dari kemampuan mengenal dan mempraktikkan gerakan shalat dari takbir hingga salam dengan benar dan tertib. Dengan peningkatan ini, metode simulasi dengan berbantuan aplikasi wordwall digunakan dalam proses pembelajaran mampu meningkatan pemahaman konsep gerakan shalat pada peserta didik autisme kelas 3. Kata Kunci: Kemampuan Gerakan Shalat, Metode Simulasi, Peserta Didik Autisme. This study aims to improve prayer movement skills for 3rd grade autistic students at State Special School 01 South Tangerang City. The method used in this research is Classroom Action Research (PTK), With the PTK model of Kemmis S and Taggart R. PTK includes stages consisting of planning, action and observation, reflections The research was conducted in two cycles using data collection techniques in the form of observation, field notes and performance tests. Data analysis used in this research is quantitative and qualitative. The results showed an increase in the ability of prayer movements from takbir to salam in students, seen from the increase in performance results in students from the initial ability stage on average 59 to 76 in cycle I, and to 92 in cycle II. Qualitatively, this increase can be seen from the ability to recognize and practice prayer movements from takbir to salam correctly and orderly. With this increase, the simulation method assisted by the wordwall application proved to be effective in the learning process to improve understanding of the concept of prayer movements in class 3 autistic students. Keywords: Prayer Movement Ability, Simulation Method, Autistic Student.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr.Hartini Nara,M.Si. 2). Dr.Irah Kasirah,M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Sabrina Tiara Aryansyah . |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 06:58 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 06:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62633 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |