ENNIMAY, . (2020) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI NERS DI STIKES KOTA PEKANBARU. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi program pendidikan profesi Ners di STIKes Kota Pekanbaru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan desain penelitian Evaluasi Program Model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Penelitian ini jumlah partisipan terdiri dari koordinator profesi Ners sebanyak 4 orang, preseptor akademik sebanyak 4 orang, preseptor klinik sebanyak 4 orang, dan lulusan Ners sebanyak 4 orang. Analisis data dilakukan dengan komparasi data dengan menggunakan kriteria evaluasi. Hasil penelitian menyatakan: Pada aspek Context tujuan pendidikan profesi Ners telah dibuat sesuai dengan peraturan kementerian riset dan teknologi pendidikan tinggi dan asosiasi institusi pendidikan Ners Indonesia. Institusi telah mengimplementasikan kurikulumnya sesuai dengan visi, dan misi perguruan tingginya. Pada aspek input diperoleh bahwa perencanaan kurikulum profesi Ners sesuai dengan panduan kurikulum program pendidikan profesi Ners. Pada aspek process diperoleh bahwa pelaksanaan program pembelajaran pendididikan profesi Ners sebelum mahasiswa memulai praktik koordinator program membuat persiapan dengan mengadakan persamaan persepsi bersama preseptor akademik dan preseptor klinik. Namun pada proses pelaksanaan bimbingan masih mengalami kendala dimana preseptor tidak bisa datang membimbing mahasiswa pada saat mahasiswa praktik. Pada aspek product diperoleh lulusan Ners yang lulus uji kompetensi secara nasional masih dibawah 100% dengan hambatan mahasiswa belum mampu menganalisa soal dan belum terbiasa ujian dengan metode Computer Based Test (CBT). Pada aspek outcome lulusan Ners yang telah lulus uji kompetensi dan memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) bekerja di sarana pelayanan kesehatan dengan waktu tunggu kurang dari 6 bulan serta ditempatkan sesuai dengan kompetensinya. Dari penelitian ini melalui analisis model CIPP dihasilkan inti sari temuan disertasi yang dinamakan Siklus Profesional Ners education (SPNE). Kata Kunci : Evaluasi program, Pendidikan Profesi Ners, Preseptor, Kompetensi, SPNE.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Maruf Akbar, M.Pd. ; 2). Dr. Budi Santoso, M.M. |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen |
Depositing User: | Users 2554 not found. |
Date Deposited: | 21 Apr 2020 13:36 |
Last Modified: | 21 Apr 2020 13:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6855 |
Actions (login required)
View Item |