Denisima Maula Ali, . (2016) PERAN GURU PENDAMPING DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK ANAK TUNAGRAHITA (Studi Kasus di Sekolah Inklusi SMPN 118 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRACT.pdf Download (83kB) |
|
Text
cover.pdf Download (189kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (190kB) |
|
Text
Lampiran catatan lapangan.pdf Download (313kB) |
|
Text
skripsi.pdf Download (588kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis pada peran guru pendamping dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dimulai dari bulan Februari sampai April 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Dalam penelitian ini peneliti melakukan wawancara pada beberapa informan yang berhubungan dengan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Peneliti menggali lebih dalam pada bagaimana peran guru pendamping di sekolah mau pun di rumah serta bagaimana kegiatan anak berkebutuhan khusus di sekolah mau pun di rumah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peran guru pendamping sangat penting dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus. Di sekolah guru pendamping sangat membantu guru pelajaran dalam menyampaikan materi yang belum dimengerti ABK ketika di kelas dan mampu manangani ABK ketika sedang bermasalah. Selain, di sekolah guru pendamping pun tetap memberi pembelajaran kepada ABK dengan dibantu guru les ABK. Sekolah Inklusi memungkinkan siswa berkebutuhan khusus untuk mendapat materi pembelajaran yang sama tanpa diskriminasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Budiaman, M.Si ; 2). Dr. Eko Siswono, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 11:57 |
Last Modified: | 28 Oct 2019 11:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/686 |
Actions (login required)
View Item |