PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 37 JAKARTA

Dessy Putri Sucianti, . (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 37 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (93kB)
[img] Text
02. PERNYATAAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
04. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (133kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (363kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (293kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (238kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
17. COVER LAMPIRAN.pdf

Download (3kB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (106kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (397kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar sejarah. Peneltian ini dilakukan di SMAN 37 Jakarta dari bulan Agustus sampai September 2015. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 37 Jakarta yang berjumlah 938 siswa, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IIS, terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 137 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Randon Sampling. Sampel yang diambil berjumlah dua kelas yaiu kelas XI IIS 4 dengan jumlah siswa 34 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 3 dengan jumlah siswa 34 orang sebagai kelas kontrol. Hasil uji coba instrumen dengan menggunakan rumus Spearman Brown menghasilkan 40 soal dari 60 soal, dan diperoleh nilai realibilitas sebesar 0,926 yang berarti instrumen dapat digunakan. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lh (0,085) < Lt (0,152) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lh (0,166) < Lt (0,152) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Barlett dan diperoleh 2hi (0,067) < 2ta (3,84) maka varians homogen diterima. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilkan thitung 5,056 > ttabel 2,00 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar sejarah siswa SMAN 37 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Tuti Nuriah Erwin, M.Pd ; 2). Nur’aeni Marta, S.S, M.Hum
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2019 12:06
Last Modified: 28 Oct 2019 12:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/687

Actions (login required)

View Item View Item