Dyah Juniastuti, . (2015) PERSEPSI MAHASISWA SEJARAH TERHADAP KULIAH KERJA LAPANGAN DI JURUSAN SEJARAH FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (Studi Deskriptif di Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (92kB) |
|
Text
2. Surat Pernyataan.pdf Download (223kB) |
|
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (671kB) |
|
Text
4. ABSTRACT.pdf Download (222kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (339kB) |
|
Text
6. BAB I, II, III, IV, V.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. KISI PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN.pdf Download (250kB) |
|
Text
9. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (175kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai persepsi mahasiswa Sejarah terhadap Kuliah Kerja Lapangan di Jurusan Sejarah FIS UNJ. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret sampai dengan Oktober 2015. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Sejarah angkatan 2011 dan 2012 sebanyak 175 responden. Pengambilan sampel dengan menggunakan stratifield proportional random sampling dengan penetapan 25 persen dari masing-masing angkatan sehingga diperoleh 44 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan tabel frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan tinggi. Sebanyak 39 mahasiswa (89 persen) mahasiswa memahami bahwa Kuliah Kerja Lapangan merupakan kegiatan yang menambah wawasan dan pengetahuan tentang peninggalan-peninggalan sejarah serta kebudayaan. Sementara itu, dalam pelaksanaannya mahasiswa cukup aktif dalam kegiatan KKL, mulai dari membaca sumber pustaka yang relevan sebelum melakukan observasi di lapangan, melakukan diskusi kelompok, mengadakan pembagian tugas untuk setiap anggota kelompok, hingga mencari data di lapangan. Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan bermanfaat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa terhadap sejarah. Sebanyak 34 mahasiswa (77 persen) tertarik untuk melakukan observasi terhadap objek-objek sejarah lain yang belum pernah dikunjungi. Kegiatan KKL ini menumbuhkan rasa ingin tahu dan mendorong mahasiswa utnuk belajar mandiri. Adapun kendala yang sering ditemui di lapangan adalah perbedaan bahasa yang digunakan oleh narasumber sehingga membuat proses pengambilan informasisedikit terhambat. Sedangkan dalam hal tingkat kepuasan yang meliputi akomodasi, konsumsi dan acara, secara keseluruhan menunjukkan bahwa mahasiswa merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Fakhruddin M.Si. ; 2). Dr. Nurzengky Ibrahim M.M |
Subjects: | Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 14:18 |
Last Modified: | 28 Oct 2019 14:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/707 |
Actions (login required)
View Item |