PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI MAN 13 JAKARTA

Fauziah, . (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI MAN 13 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (6kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (193kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (112kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (249kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (489kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (403kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (285kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 13 Jakarta Selatan selama dua bulan yakni dari bulan Juli 2015 sampai September 2015 pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh kelas di Madrasah Aliyah Negeri 13 Jakarta berjumlah 24 kelas dengan jumlah 894 siswa. Sedangkan populasi terjangkau siswa kelas XI yang berjumlah 8 kelas dengan jumlah 318 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling . Sampel yang diambil berjumlah dua kelas yakni kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini telah di uji validitas dan reliabilitas terhadap 34 siswa. Uji coba validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan 60 butir soal. Perhitungan validitas dengan rumus r Product Moment diperoleh 40 butir soal valid dan 20 butir soal tidak valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown menghasilkan rhitung 0,975, dengan demikian instrumen valid dan reliabel. Kesimpulannya instrumen dapat digunakan sebagai pengumpul data. Uji normalitas menggunakan rumus Liliefors . Pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,094 < 0,157. maka sebaran data berdistribusi normal. Pada kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,119 < 0,157. maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Barlett dan diperoleh χ2hitung < χ tabel yaitu 0,598<3,84, maka varians bersifat homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menghasilkan th 3,744 > tt 2.00 pada taraf kepercayaan 95% ( α=0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar sejarah siswa MAN 13 Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Tuti Nuriah Erwin, M.Pd ; 2). Dra. Corry Iriani. R, M.Pd
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2019 15:41
Last Modified: 28 Oct 2019 15:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item View Item