Nominalization in English Language Education Study Program (ELESP) UNJ Students’ Academic Writing

Argi Ananti Putri, . (2014) Nominalization in English Language Education Study Program (ELESP) UNJ Students’ Academic Writing. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (41kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf

Download (71kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf

Download (33kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf

Download (150kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Appendix 1.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Appendix 2.pdf

Download (360kB)

Abstract

Menulis dan berbicara memiliki perbedaan khususnya dalam tipe bahasanya. Tulisan akademik harus mengedepankan kejelasan, ketepatan, keringkasan, dan koherensi dalam tulisan. Salah satu fitur bahasa penulisan untuk mempertahankan karakteristik tersebut nominalisasi. Studi ini bertujuan untuk mencari tahu tipe – tipe nominalisasi dan kegunaan nominalisasi dalam tulisan akademik siswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNJ. Studi ini menggunakan metode analisis deskriptif dan menggunakan 46 tulisan dari 23 siswa. Studi ini menunjukkan bahwa ada dua tipe nominalisasi; dari kata kerja dan dari kata sifat dengan total 94 kata yang berbeda. Masing-masing kata memiliki frekuensi yang berbeda. Nominalisasi yang berasal dari kata kerja adalah tipe yang paling sering muncul (81 kata atau 86%), diikuti dengan nominalisasi dari kata sifat (13 kata atau 14%). Dari kedua tipe tersebut, 75 kata (76%) terbentuk melalui sufiksasi dan 19 kata (24%) terbentuk melalui konversi. Dari 351 nominalisasi, 325 kata (93%) berguna dan 26 kata (7%) tidak berguna dalam tulisan siswa. Kategori dari nominalisasi yang berguna yang paling sering muncul adalah nominalisasi yang menggantikan konsep – konsep yang banyak muncul di tulisan atau kata –kata yang hanya bisa diungkapkan melalui nominalisasi. Nominalisasi yang tidak berguna yang paling banyak muncul adalah nominalisasi yang menjadi objek dari kata kerja kosong (18 kata atau 69%). Dapat disimpulkan bahwa nominalisasi dalam tulisan akademik siswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNJ sudah diaplikasikan dengan tepat. Namun, masih ada beberapa nominalisasi yang tidak berguna. Siswa disarankan untuk lebih sering membaca dan menulis secara teratur untuk meningkatkan kemampuan menulis mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 29 Oct 2019 11:01
Last Modified: 29 Oct 2019 11:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/746

Actions (login required)

View Item View Item