HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK NEGERI 48 JAKARTA

RIRIN LELA FASETALIA, . (2015) HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK NEGERI 48 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. revisi cover.pdf

Download (449kB)
[img] Text
2. revisi bab 1-5 bismillah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

RIRIN LELA FASETALIA. 8105112209. Hubungan Antara Minat Baca Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Di SMK Negeri 48 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar pada siswa di SMK Negeri 48 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung bulan Maret 2015 sampai dengan bulan Mei 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 48 Jakarta. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 72 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data Prestasi Belajar (Variabel Y) merupakan data sekunder berupa rata-rata rapot semester 2. Sedangkan data Minat Baca (Variabel X) merupakan data primer berupa instrumen yang diukur dengan menggunakan model skala likert. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 39,858 + 0,093X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,068 dan Ltabel = 0,116. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa data berdistribusi normal karena Lhitung (0,068) < Ltabel (0,116). Kemudian uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung (1,07) < Ftabel (2,00), artinya persamaan regresi tersebut linear. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung = 29,13 dan Ftabel = 4,02, karena Fhitung > Ftabel, maka persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari pearson menghasilkan rxy = 0,585, selanjutnya dilakukan uji koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 5,40 dan ttabel 1,68. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,585 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 34,21% menunjukkan bahwa 34,21% variasi prestasi belajar ditentukan oleh minat baca dan sisanya 65,79% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar pada siswa SMK Negeri 48 Jakarta. Kata Kunci: Minat Baca, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Roni Faslah. S.Pd, MM 2)Dewi Nurmalasari, S.Pd, MM,
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: Sigit .
Date Deposited: 05 May 2020 06:27
Last Modified: 05 May 2020 06:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7527

Actions (login required)

View Item View Item