FAYSAL HARIS, . (2014) PENGARUH KELOMPOK REFERENSI DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSUMEN (Studi Kasus pada Distro “Fleamagic” di Purwokerto). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI FINAL - FAYSAL HARIS_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) untuk mendapatkan deskripsi tentang kelompok referensi, store atmosphere dan keputusan pembelian konsumen pada Distro “Fleamagic”, 2) menganalisis pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Distro “Fleamagic”, 3) menganalisis pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen pada Distro “Fleamagic”, dan 4) menganalisis pengaruh kelompok referensi dan store atmosphere secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen pada Distro “Fleamagic”. Unit analisis dalam penelitian ini adalah konsumen Distro “Fleamagic” Purwokerto, yaitu 151 responden yang membeli produk Distro “Fleamagic”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dari analisis deskriptif diperoleh hasil sebagai berikut: a) kelompok referensi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, b) store atmosphere berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, c) kelompok referensi dan store atmosphere secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: 1) Pengaruh yang diberikan oleh store atmosphere terhadap keputusan pembelian sedikit lebih dominan dibandingkan dengan pengaruh yang diberikan oleh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian, 2) kelompok referensi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, 3) store atmosphere secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, 4) secara bersama-sama, kelompok referensi dan store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan 5) variable kelompok referensi dan store atmosphere mampu menjelaskan variasi variable keputusan pembelian sebesar 71,8%, sementara sisanya sebesar 28,2% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diikut sertakan dalam penelitian. ********************* The purposes of this research are : 1. To obtain descriptions around reference groups, store atmosphere, and customers purchase decision on Distro “Fleamagic”, 2. To analyze the influence of reference group to customers purchase decision on Distro “Fleamagic”, 3. To analyze the influence of store atmosphere to customers purchase decision on Distro “Fleamagic”, and 4. To analyze the simultaneously influence of reference groups and store atmosphere to customers purchase decision on Distro “Fleamagic”. Analyze unit of this research are customers of Distro “Fleamagic” Purwokerto, there are 151 respodents who have bought Distro “Fleamagic” product. The research is quantitative research which is descriptive research. Based on the descriptive analyze, it can be concluded that : a. reference group affects to customers purchase decision,b.store atmosphere influence the customers purchase decision, c. reference groups and store atmosphere jointly influence the customers purchase decision. The result showed that : 1. The influence of store atmosphere more dominant than reference group to customers purchasing, 2. Reference groups has significant influence to customers purchase decision, 3. Store atmosphere has significant influence to customers purchase decision, 4. As simultaneously, reference group and store atmosphere have significant influence to customers purchase decision, 5. Reference group and store atmosphere can explain variation of purchase decision 71,8 %, while 28,2 % influenced by other variable that no explain in this research.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce Manajemen > Perilaku Konsumen |
Divisions: | FE > S1 Manajemen |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 11:34 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 11:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8259 |
Actions (login required)
View Item |