PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP CIVIC SKILLS PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 100 JAKARTA

RIZKI HERMAWAN, . (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP CIVIC SKILLS PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 100 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (916kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap civic skills peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 100 Jakarta tahun ajaran 2019/2020, yang terdiri dari 6 rombongan belajar (3 kelas IPA dan 3 kelas IPS). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik dari 2 kelas yang masing-masing berjumlah 36 siswa dan memiliki hasil belajar PPKn yang setara. Dari dua kelas tersebut diundi untuk ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan uji Independent Sample t-Test dengan taraf signifikasi (α) 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap civic skills peserta didik dan terdapat perbedaan civic skills peserta didik dengan diterapkan model pembelajaran berbasis proyek dan dengan diterapkan model pembelajaran berbasis masalah. Berdasarkan uji Independent Sample t-Test dengan softwere SPSS 22, menunjukan sig. (2-tailed) sebesar 0.001, lebih kecil dari 0,05, atau di peroleh Thitung sebesar 3,636 lebih besar dari Ttabel 1,70 (Thitung > Ttabel). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dimana pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,39, sedangkan pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 87,14. Selisih rata-rata pada kedua kelas adalah sebesar 4,75. Pada uji koefisien determinasi menghasilkan rxy2 sebesar (0,44)2, yang menunjukan 19,36 % beda selisih antara X dan Y. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dengan kategori sedang. Kata Kunci : Pembelajaran PPKn, Model pembelajaran berbasis proyek, Model pembelajaran berbasis masalah, Civic skills peserta didik ******************************** This study aims to describe the influence of project-based learning models on students' civic skills. This research is a quasi-experimental study with the research design used is Posttest-Only Control Design. The population in this study were all students of class XI at SMA Negeri 100 Jakarta in the 2019/2020 school year, consisting of 6 study groups (3 science classes and 3 social science classes). The sample in this study were students from 2 classes, each of which amounted to 36 students and had equivalent PPKn learning outcomes. The two classes were drawn to be set as the experimental class and the control class. The data analysis technique used is descriptive analysis and Independent Sample t-Test with significance level (α) 0.05. The results of this study indicate that there is an influence of project-based learning models on student civic skills and there are defferents student civic skills by applying project-based learning models and by applying problem-based learning models. Based on the Independent Sample t-Test with the SPSS 22 software, it shows sig. (2-tailed) of 0.001, smaller than 0.05, or obtained Tcount of 3.636 greater than Ttable 1.70 (Tcount> Ttable). Thus H0 is rejected and H1 is accepted. This can be seen from the average value of the control class with the experimental class. Where in the control class obtained an average value of 82.39, while the experimental class obtained an average of 87.14. The average difference in the two classes is 4.75. In the determination coefficient test produces rxy2 of (0.44)2, which shows 19.36% difference in difference between X and Y. Thus, it can be concluded that there is an influence with the medium category Keywords: Learning PPKn, Project-based learning model, Problem-based learning model, Students Civic skills learners

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd. ; 2). Moh. Maiwan, M.Si, Ph.D
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4147 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2020 14:18
Last Modified: 18 Aug 2020 14:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8383

Actions (login required)

View Item View Item