HILMIA, . (2020) Strategi Dakwah Ustadzah Aisyah BSA dalam Membentuk Akhlakul Karimah Remaja Putri di Jakarta (Studi Kasus : Majelis Ta’lim Banat Ummul Batul). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER - 4715161944.pdf Download (652kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (982kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf Download (2MB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (107kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (714kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (813kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (749kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (708kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah Ustadzah Aisyah BSA dalam membentuk akhlakul karimah remaja putri di Jakarta, dengan Majelis Ta’lim Banat Ummul Batul sebagai studi kasus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori Strategi Komunikasi oleh Cutlip dan Center, bahwa komunikasi yang efektif harus dilakukan melalui empat tahapan, yaitu Fact finding, Planning, Communicating, dan Evaluation. Dalam berdakwah, strategi dakwah merupakan hal yang penting agar tujuan dari dakwah tersebut dikatakan berhasil. Dari penelitian ini menunjukkan Strategi Dakwah yang digunakan oleh Ustadzah Aisyah BSA merupakan Strategi Ta’lim, dan langkah – langkah yang dilakukan oleh Ustadzah Aisyah BSA adalah Pertama, mengumpulkan data mad’u dengan mempelajari karakteristik mad’u dan perkembangan zaman yang berkaitan dengan mad’u. Kedua, perencanaan strategi dakwah Ustadzah Aisyah BSA yaitu dengan membentuk majelis ta’lim khusus remaja dengan materi yang sangat dibutuhkan oleh para remaja yaitu Akhlak, Fiqih, Tauhid, dan Hadis. Ketiga, proses penyampaian pesan dakwah dengan menjalanan program – program yang telah dirancang sebelumnya dan menyampaikannya dengan komunikasi dua arah sehingga lebih mudah diterima oleh mad’u. Keempat, evaluasi strategi Ustadzah Aisyah BSA, dengan cara mengintrospeksi diri dan bertanya kepda orang – orang terdekat. Kelima, memiliki target dan tujuan tertentu yaitu untuk mencetak generasi penerus yang lebih baik dan lebih tangguh. Keenam, pembentukan akhlakul karimah yang dilakukan Ustadzah Aisyah BSA sudah berhasil meskipun mad’u belum melaksanakannya dengan maksimal. This study aims to determine how the preaching strategy of Ustadzah Aisyah BSA in forming the morality young women in Jakarta, with the Ta'lim Assembly Banat Ummul Batul Assembly as a case study. The method used in this research is descriptive qualitative method. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The theory used is the communication strategy theory by Cutlip and Center, that effective communication must be carried out through four stages, which are fact finding, planning, communicating, and evaluation.In da'wah, the da'wah strategy is important so that the aim of the da'wah is said to be successful. From this research shows Da'wah Strategy used by Ustadzah Aisyah BSA is Ta'lim Strategy, and the rare steps taken by Ustadzah Aisyah BSA are First, collecting mad’u data by studying the characteristics of mad’u and the development of the times associated with mad’u. Second, Ustadzah Aisyah’s da’wah planning is to form a special ta’lim assembly for adolescents with material thet is very much needed by young people namely Morals, Fiqh, Tawhid, and Hadith. Third, the process of delivering da’wah messages by running pre-designed programs annd delivering them with two-way communication so that they are more easily accepted by mad’u. Fourth, evaluation of Ustadzah Aisyah’s da’wah strategy, by way to self-examination and asking the closest people. Fifth, it has certain targets and objectives, namely to print the next generation who are better and more resilient. Sixth, the formation of morality done by Ustadzah Aisyah has been successful even though mad’u hasn’t carried it out the maximum.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Zulkifli Lubis, MA ; 2). Khairil Ikhsan Siregar, Lc, MA |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Agama (Filsafat dan Teori Agama) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 4518 not found. |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 14:59 |
Last Modified: | 28 Aug 2020 14:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8787 |
Actions (login required)
View Item |