Fachry Razak, . (2020) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM IBNU HAJAR DI DEPOK (PENELITIAN ETNOGRAFI DI IBNU HAJAR BOARDING SCHOOL DI DEPOK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
02 BAB 1.pdf Download (864kB) |
|
Text
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) | Request a copy |
|
Text
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (992kB) | Request a copy |
|
Text
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (837kB) | Request a copy |
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (766kB) |
|
Text
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pembelajaran bahasa Arab di SMA Islam Ibnu Hajar di Depok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan termasuk ke dalam penelitian etnografi realistis dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Ibnu Hajar di Depok yang berlokasi di daerah Harjamukti, Kota Depok. Penelitian dimulai dari Februari 2020 M hingga Juli 2020 M. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di SMA Islam Ibnu Hajar di Depok berjalan dengan baik dan positif, baik dari segi kurikulum, tujuan, materi, kegiatan, dan evaluasi. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan kurikulum Agama yang digunakan secara khusus dari sekolah tersebut.. Adapun peserta didik terdiri dari anak laki-laki yang berusia dari 14 - 18 tahun dan dari domisili yang berbeda-beda. Semua guru bahasa Arab adalah lulusan dari pondok pesantren dan Universitas baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, yang telah memiliki pengalaman dalam belajar dan pembelajaran bahasa Arab. Tujuan pembelajaran bahasa Arab di SMA Islam Ibnu Hajar di Depok adalah untuk mempersiapkan generasi umat Islam yang mencintai bahasa Arab, memahami Alquran dan hadits Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Dan membantu peserta didik untuk belajar di sekolah dan meningkatkan keterampilan berbahasa mereka. Adapun materi pembelajaran untuk bahasa Arab berasal dari buku “Al-’Arobiyyah Bayna Yadaik” dan “Silsilatu At-Ta’lim Lillugah Al-‘Arobiyyah”, dan untuk pelajaran sintaksis dan morfologi, guru menggunakan buku “Silsilatu At-Ta’lim م Lillugah Al-‘Arobiyyah” juga. Dan buku “Al-’Arobiyyah Bayna Yadaik” digunakan dalam metode membaca. Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu metode langsung, metode membaca, metode tata bahasa dan terjemahan, dan metode audio lisan. Dan media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis, buku paket, proyektor, dan juga lab bahasa untuk pelajaran mendengar Sedangkan evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Islam Ibnu Hajar di Depok berbentuk evaluasi tertulis yang diadakan setiap akhir bulan dan akhir semester dalam bentuk raport. Dan untuk kegiatan pembelajaran memiliki tiga kegiatan dasar, yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. *************** This study aims to obtain a clear description of learning Arabic in Ibnu Hajar Islamic High School in Depok. This study uses descriptive qualitative methods and is included in realistic ethnographic research with data collection techniques through field observations, interviews, and documentation. This research was carried out at Ibnu Hajar Islamic High School in Depok, located in the Harjamukti area, Depok City. The study began from February 2020 to July 2020. The results of this study indicate that learning Arabic at Ibnu Hajar Islamic High School in Depok runs well and positively, both in terms of curriculum, objectives, material, activities, and evaluation. The curriculum used is the Ministry of Education and Culture curriculum and the Religion curriculum used specifically from the school. The students consisted of boys aged 14-18 years and from different domiciles. All Arabic teachers are graduates from Islamic boarding schools and universities, both domestic and from abroad, who have experience in learning and learning Arabic. The purpose of learning Arabic at the Ibnu Hajar Islamic High School in Depok is to prepare generations of Muslims who love Arabic, understand the Qur'an and the hadith of the Prophet Muhammad Shallallaahu a Alaihi Wa Sallam. And help students to learn in school and improve their language skills. The learning material for Arabic comes from the book "Al-'Arobiyyah Bayna Yadaik" and "Silsilatu At-Ta'lim Lillugah Al-'Arobiyyah", and for syntactic and morphological lessons, teachers use the book "Silsilatu At-Ta'lim Lillugah" Al- 'Arobiyyah" too. And the book "Al-'Arobiyyah Bayna Yadaik" is used in the reading method. س The methods used in learning Arabic are the direct method, the reading method, the grammar and translation method, and the oral audio method. And learning media used are blackboards, textbooks, projectors, and also language labs for listening lessons While the evaluation in learning Arabic at Ibnu Hajar Islamic High School in Depok took the form of a written evaluation which was held at the end of each month and at the end of the semester in the form of report cards. And for learning activities have three basic activities, namely opening activities, core activities, and closing activities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Mohamad Sarip, MA.; 2). Dr. Siti Jubaidah, MA. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 4564 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 10:18 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 10:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9157 |
Actions (login required)
View Item |