PENGARUH BUDAYA SEKOLAH, GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI PULAU LOMBOK PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

ZULKARNAEN, . (2020) PENGARUH BUDAYA SEKOLAH, GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI PULAU LOMBOK PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
surat pernyataan persetujuan publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh budaya sekolah, pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Pulau Lombok Provinsi NTB, dan juga menemukankan adanya pengaruh budaya sekolah serta gaya transformasional terhadap motivasi kerja guru SMK di Pulau Lombok Provinsi NTB. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan alat ukur skala likert yang telah diuji keabsahan dan kehandalannya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analisis). Hasil dari penelitian ini adalah terbukti bahwa ada pengaruh positif budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK, adanya pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru SMK, adanya pengaruh positif motivasi kerja terhadap kinerja guru SMK, adanya pengaruh positif budaya sekolah terhadap motivasi kerja guru SMK, dan adanya pengaruh positif gaya kepemimpinan transformasional terhadap motivasi guru SMK sebesar. Dari seluruh variable yang mempunyai pengaruh terbesar terhadap kinerja adalah variable gaya kepemimpinan transformasional dengan nilai kooefesien jalurnya 0,622 atau dengan kata lain berpengaruh 62,2 % terhadap kinerja.. Gaya kepemimpinan transformasional menjadi penyumbang pengaruh terbesar dari variabel yang diuji, hal ini disebabkan karena nilai-nilai pada gaya kepemimpinan transformasional ini sudah merangkum unsur-unsur terpenting dari budaya sekolah yaitu budaya kolaborasi (collaborate culture) dimana seluruh potensi dan seluruh pihak dilibatkan secara maksimal untuk memenuhi visi dan misi sekolah dalam rangka mencapai tujuan yang dicita-citakan bersama. Kesamaan nilai-nilai antara gaya kepemimpinan transformasional dengan budaya kolaborasi diyakini dapat meningkatkan motivasi dan kinera guru-guru SMK di Pulau Lombok Nusa Tengara Barat. Dari hasil analisis data pada penelitian ini maka peneliti menyarankan agar Kepala Sekolah seluruh SMK di Pulau Lombok Provinsi NTB agar memperbaiki budaya sekolah, menerapkan gaya kepemimpinan transformasional, serta terus menerus memberikan motivasi kerja kepada para guru-guru demi meningkatkan kinerja guru SMK sehingga tercipta sekolah yang berkualitas baik siswa maupun tenaga pengajar di Pulau Lombok Provinsi NTB. Kata Kunci :, Budaya Sekolah, Gaya kepemimpinan Transformasional, Motivasi, Kinerja Guru ABSTRACT This study aims to analyze the influence of school culture, the influence of transformational leadership styles, the influence of work motivation on the performance of SMK teachers in Lombok Island, NTB Province, and also to find the influence of school culture and transformational style on work motivation of SMK teachers in Lombok Island, NTB Province. Data were collected through a questionnaire using a Likert scale measuring instrument that has been tested for Validity and reliability. The data analysis technique used is Path Analysis. The results of this study are proven that there is a positive influence of school culture on the performance of SMK teachers, the influence of transformational leadership styles on the performance of SMK teachers, there is a positive influence of work motivation on the performance of SMK teachers, there is a positive influence of school culture on SMK teacher work motivation, and there is a positive influence of transformational leadership style on SMK teacher motivation. All of the variables that have the greatest influence on performance is the variable of transformational leadership style with a path coefficient value of 0.622 or in other words 62.2% of the effect on performance. The transformational leadership style is the biggest contributor to the influence of the variables tested, because the value in transformational leadership has summarized the most important elements of school culture, namely a culture of collaboration where all potentials and all parties are maximally involved to fulfill the vision and mission of the school in order to achieve the goals that are aspired together. From the results of data analysis in this study, the authors suggest to Head Masters of all SMK in Lombok Island, NTB Province to improve school culture, apply transformational leadership styles, and continuously provide work motivation to teachers in order to improve the performance of SMK teachers, so that schools are good quality students and teachers on the island of Lombok, NTB Province. Keywords : School Culture, Transformational leadership style, Motivation Teacher Performance.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Yetti Supriyati, M.Pd 2) Prof. Dr. I Ketut R. Sudiarditha, M.Si
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen
Depositing User: Users 5458 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2020 16:13
Last Modified: 01 Sep 2020 16:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9260

Actions (login required)

View Item View Item