PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA KELAS XI DENGAN BLENDED LEARNING DAN EXO-OLO TASK

DWI JULIANI, . (2020) PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA KELAS XI DENGAN BLENDED LEARNING DAN EXO-OLO TASK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dwi Juliani, 2020. Pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Kelas XI Dengan Blended Learning Model Flipped Classroom dan EXO-OLO Task. Makalah. Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Perkembangan teknologi informasi di abad 21 menuntut peserta didik untuk menguasai teknologi dan memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS (High Order Thinking Skill). Penerapan soal HOTS dalam pembelajaran bahasa Jepang ternyata menimbulkan kendala bagi peserta didik di SMA karena kurangnya waktu diskusi dan pembahasan soal-soal HOTS. Untuk membantu peserta didik dalam memahami soal HOTS, penggunaan teknologi dan latihan soal HOTS yang dilanjutkan dengan diskusi dapat dijadikan alternatif solusi untuk selama pembelajaran. Model pembelajaran Flipped Classroom adalah model pembelajaran yang membalik cara pembelajaran konvensional yang menggunakan bantuan teknologi sebagai media belajar. Model Flipped Classroom dapat menyediakan waktu lebih banyak untuk murid berdiskusi karena materi sudah dipelajari terlebih dahulu di luar kelas. Sedangkan model EXO-OLO Task adalah model pembelajaran yang menggunakan soal-soal HOTS sebagai bahan latihan peserta didik dalam mempelajari bahasa Jepang. Penulisan makalah ini menggunakan metode studi pustaka dengan mengumpulkan data melalui buku, jurnal, artikel daring, dan menyebarkan angket berbasis daring kepada siswa sebagai referensi permasalahan. Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran bahasa Jepang di SMA kelas XI dengan Blended Learning model Flipped Classroom dan EXO-OLO Task. High Order Thinking Skill (HOTS) are a significant part of implementatic of the 2013 Curriculum to develop student competencies in the 21st century. However, HOTS oriented questions in high school Japanese lesson’s exam caused a few obstacle for students. Japanese language learning duration in class is too short, so both student and teacher doesn’t have enough time for discussion. Student need more time in Japanese language learning, so they can develop their higher thinking skill through HOTS oriented exam. Therefore, an effective learning model is needed. This paper aimed to explain Blended Learning of Flipped Classroom Model and EXO-OLO Task for Japanese language learning in second grade high school’s plan. The flipped classroom learning model is an instructional model in which students learn basic subject matter knowledge prior to in-class meetings, then come to the classroom for active learning experience. While EXO-OLO Task learning model is a learning model that can develop student’s higher thinking skill through two varieties exams. This collaboration model has two steps which are Prior In-class Meeting and In-Class Meeting. In-Class meeting has four syntaxes namely, 1) strengthening concepts, 2) EXO Task, 3) OLO Task, and 4) Reflection Keywords : Bahasa Jepang, Flipped Classroom, EXO-OLO Task, HOTS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yuniarsih, M. Hum., M. Ed. ;
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 4577 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 14:36
Last Modified: 16 Sep 2020 14:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9446

Actions (login required)

View Item View Item